Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengemukakan fasilitas olahraga Cibubur Youth Elite Sport Center di Cibubur, Jakarta Timur, bakal dilengkapi dengan sekolah dan rumah sakit untuk para atlet.

"Nanti juga ada sekolahnya juga. Dan bahkan fase selanjutnya nanti ada rumah sakit olahraga di sebelah yang kita jadikan pusatnya sport science," ujar Dito Ariotedjo saat mendampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan kepada awak media di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa.

Ia menjelaskan, pembangunan fasilitas tersebut sebagai langkah strategis pemerintah dalam menyiapkan atlet menuju ajang Olimpiade 2028.

Semua cabang olahraga prioritas yang disiapkan untuk Olimpiade nanti ini sudah memiliki fasilitas latihan yang standar dunia seperti angkat besi, senam, panjat tebing, renang, bulu tangkis, sepak bola, dan bela diri.

"Ini kita harapkan benar-benar terfokus di sini karena selain ada fasilitasnya, ada dormitori juga. Jadi kompleks Cibubur ini kita modernisasi dan kita maksimalkan fungsionalnya," ujarnya.

Baca juga: Gibran tinjau proyek pusat olahraga senilai Rp249 miliar di Cibubur

Proyek fasilitas di Cibubur senilai Rp249 miliar itu ditargetkan tuntas pada Desember 2024 sehingga mulai digunakan para atlet pada 2025 mendatang.

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, dalam kesempatan itu menegaskan, proyek tersebut sangat strategis dan penting untuk peningkatan prestasi atlet.

"Fasilitas sangat lengkap sekali," ujarnya.

Dengan fasilitas yang baik, menurutnya sudah tidak ada alasan untuk menunda pengembangan prestasi atlet.

"Jadi sudah tidak ada alasan lagi. Tempat latihan cukup, kita tinggal genjot prestasinya sesuai standar internasional," kata Gibran.

Baca juga: Taufik Hidayat ditugaskan kawal cabang olahraga ke Olimpiade 2028