Jakarta (ANTARA) - Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat meminta agar 128 organisasi kemasyarakatan (ormas) binaan untuk ikut menjaga iklim yang kondusif pelaksanaan tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Jadi kita minta ormas-ormas binaan ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pilkada," ucap Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat (Jakbar), Mohammad Matsani saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemkot Jakpus wajibkan pemilih pemula nonton debat Pilkada Jakarta

Matsani menggarisbawahi kepada ormas-ormas besar supaya bisa menjadi contoh bagi ormas-ormas baru yang sedang bertumbuh.

"Kita harapkan ormas besar bisa menjadi teladan, misalnya Forum Komunikasi Anak Betawi(Forkabi),Forum Betawi Rempuk (FBR), terus juga ada Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPKB Banten) dan lain-lain. Anda harus menjadi contoh," ungkap Matsani.

Baca juga: Kepolisian lakukan patroli humanis untuk sampaikan pesan Pilkada damai

Lebih lanjut, Matsani mengatakan masing-masing ormas atau anggota ormas bisa jadi memiliki pilihan politik yang berbeda, namun perbedaan itu tidak boleh menyebabkan polarisasi.

"Silahkan saja pilihan masing-masing, tapi yang penting jangan sampai pilihan berbeda itu bikin kita terpolarisasi, tetap jaga persatuan. Intinya ormas punya peran penting jaga kesatuan dan keutuhan," ungkap Matsani.

Baca juga: Tim kampanye dan relawan dilarang halangi pengawas Pilkada

Matsani menuturkan bahwa hingga kini, terdapat 128 ormas binaan yang terdaftar di Kesbangpol Jakbar, namun masih ada sejumlah ormas yang belum melaporkan keberadaannya.

"Ada 128 ormas yang terdaftar di kita, tetapi ada beberapa ormas yang belum melaporkan keberadaannya," ungkap Matsani.