Jakarta (ANTARA) - PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja mendapatkan sponsor dari perusahaan internasional Korea Selatan yang bergerak di bidang otomotif yaitu Hyundai.

Pada sesi jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, yang bertajuk "Official Vehicle Handover Ceremony Liga 1 2024/2025", Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan kerja sama dengan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) itu merupakan bukti bahwa iklim sepak bola di tanah air semakin menarik.

"Sekarang mereka melihatnya sudah bagus, Hyundai sudah lihat sepak bola Indonesia sangat berprogres dan tidak bisa dipungkiri bahwa sepak bola Indonesia adalah imbas dari prestasi timnas. Semua bertumbuh dan jadi buah kerja PSSI," jelas Ferry.

Ferry mengatakan kerja sama yang berlangsung selama satu musim ini, dapat berlanjut hingga musim-musim ke depan.

"Tahun ini aja, tapi ada peluang untuk diperpanjang di tahun berikutnya," kata dia.

Ferry juga mengungkap bahwa minat Hyundai, yang pernah menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola Australia dan Korea Selatan itu, sudah berjalan lama.

Namun, Ferry mengatakan kesepakatan belum terjadi setelah ada kendala, salah satunya Tragedi Kanjuruhan.

Baca juga: Erick Thohir minta PT LIB benahi manajemen pengelolaan pertandingan

Baru untuk tahun ini Hyundai tak ingin berlama-lama untuk mendukung sepak bola Indonesia. Ferry memaparkan Liga 1 Indonesia yang pada musim ini mulai menerapkan Video Assistant Referee (VAR) menjadi salah satu kuncinya.

Hyundai melihat bahwa situasi ini membuat sepak bola Indonesia sangat menarik dari segi bisnis.

"Kalau dari gambaran beberapa tahun terakhir mereka memang tertarik. Tapi hyundai ini memang produk internasional dia akan memantau sepak bola indonesia secara bisnis. Tapi memang ada kendala, dan dia melihat ketertarikannya sudah beberapa tahun lalu tapi karena hiruk pikuk dan belum kita sign," jelas dia.

Sebagai bentuk kerja samanya, Hyundai menyerahkan 35 unit mobil Hyundai Stargazer kepada LIB yang jumlahnya, sebanyak 18 unit akan dibagi kepada tim Liga 1, lalu lima unit kepada lima pemain, Rizky Ridho (Persija Jakarta, Ramadhan Sananta (Persis Solo), Beckam Putra (Persib Bandung), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), dan Ernando Ari (Persebaya Surabaya) yang menjadi brand ambassador, dan sisanya dibagikan untuk operasional kegiatan di LIB.

Sementara itu, dari dua perwakilan brand amabassador yang hadir, Ridho dan Sananta mengaku senang dapat terlibat menjadi bagian kerja sama dengan Hyundai.

"Alhamdulillah terpilih kerja sama bareng Hyundai itu sangat berharga bagi saya. Ya saya sangat senang sekali," kata Ridho.

"Saya sangat senang sekali, karena bisa dikasih kepercayaan sama Hyundai menjadi brand ambassador. Tentunya ini sebagai penyemangat saya untuk bertanding di Liga 1," tambah Sananta.

Baca juga: LIB pastikan Liga 1 tetap bergulir saat Piala AFF 2024

Baca juga: PSSI pastikan keamanan dan kenyamanan tim tamu di Kualifikasi PD 2026