Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sundoyo menitipkan agar Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (KemenKPK) dapat mengubah budaya kerja demi wujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas.

"Teman-teman di Kementerian Kependudukan harus berubah budaya kerjanya, karena kalau tidak berubah, sudah disiapkan kapal yg besar, budaya kerjanya tidak berubah maka kita tidak bisa menciptakan keluarga berkualitas," katanya saat dalam acara pisah-sambut Plt BKKBN kepada Menteri Kependudukan dan PK di Auditorium BKKBN, Jakarta, Selasa.

Sundoyo juga menyampaikan permintaan maaf, walaupun memimpin BKKBN dalam waktu kurang dari satu bulan.

Baca juga: Wihaji terpilih sebagai Menteri Kependudukan & Pembangunan Keluarga

"Meski begitu saya sudah melakukan banyak interaksi dengan teman-teman di lapangan, kalau ada perilaku yg kurang berkenan, itu semata mata karena tugas kedinasan," ujar dia.

Menurutnya, posisi KemenKPK sangat strategis sesuai dengan cita-cita Asta Cita kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Dengan kepemimpinan Pak Menteri dan Ibu Wakil Menteri, posisinya lebih strategis, terlebih dengan Asta Cita, KemenKPK sangat strategis untuk mencapai Indonesia Emas, menciptakan sumber daya manusia unggul, tidak lepas dari keluarga berkualitas," tuturnya.

Baca juga: Isyana Bagoes Oka, jurnalis yang aktif kampanyekan ASI jadi Wamenduk

Indonesia akhirnya memiliki Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga untuk pertama kali, setelah sebelumnya urusan pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana berada di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Prabowo Subianto telah melantik Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Wihaji yang merupakan Mantan Bupati Batang, Jawa Tengah, periode 2017-2022, didampingi Wakil Menteri Isyana Bagoes Oka, yang merupakan politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan banyak berkiprah sebagai jurnalis.

Baca juga: Wihaji, dari Batang untuk bawa Indonesia menuju keluarga sejahtera