Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Veronica Tan mengatakan pihaknya akan berfokus pada upaya pencegahan, terutama dalam mengedukasi perempuan dan anak-anak.

"Saya ingin ibu-ibu di Indonesia tidak hanya memiliki anak, tetapi juga memikirkan kualitas pendidikan anak mereka ke depan. Hal ini penting agar mereka bisa membesarkan anak yang berkualitas, bukan sekadar kuantitas," kata dia di Jakarta, Selasa.

Ia juga menekankan pentingnya kemandirian perempuan dan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak dalam menghadapi berbagai tantangan pada masa mendatang.

"Perempuan juga harus bisa mandiri, apalagi jika ada pendamping, mereka bisa saling membantu. Namun yang utama adalah perempuan bisa berdiri sendiri dalam segala situasi," kata dia.

Baca juga: Veronica Tan: Perempuan harus pintar dan mandiri

Dia mengaku segera berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk membantu tugas-tugas Menteri PPPA Arifatul Choiri Fauzi.

"Saya mendukung semua program yang sudah dijalankan oleh Menteri PPPA yang sebelumnya dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait, tugas ini membutuhkan kerja sama semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi perempuan dan anak-anak di Indonesia," kata Veronica Tan.

Presiden RI Prabowo Subianto telah melantik Veronica Tan sebagai Wakil Menteri PPPA dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Jabatan Wakil Menteri PPPA merupakan pertama kalinya dalam catatan sejarah di Kementerian PPPA.

Sebagai Wamen, Veronica Tan bertugas mendampingi dan membantu Menteri PPPA Arifatul Choiri Fauzi.

Baca juga: Prabowo tunjuk Veronica Tan jadi Wamen PPPA
Baca juga: Profil Veronica Tan