Bogota, Kolombia (ANTARA) - Listrik kembali pulih untuk setengah wilayah Havana pada Senin (21/10) setelah pemadaman di seluruh negara yang telah berlangsung selama empat hari, lapor perusahaan listrik ibu kota.

"Sekitar 50 persen pelanggan" kini sudah mendapatkan pasokan listrik, kata perusahaan listrik dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh portal berita negara Cubadebate.

Pemadaman listrik terjadi pada Jumat (18/10) lalu bagi 10 juta penduduk pulau itu setelah kegagalan operasional pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar di negara itu, yang membuat jaringan listrik lumpuh, menurut kepala pasokan listrik di kementerian energi, Lazaro Guerra.

Pasokan listrik kembali gagal tersambung ke pelanggan pada Sabtu pagi di seluruh negara.

Badai tropis Oscar yang menerjang negara itu pada Minggu malam tidak memudahkan pemulihan pasokan listrik.

Hujan lebat dan angin dari badai tersebut berdampak pada jutaan warga Kuba yang sudah menghadapi hari-hari tanpa listrik.

Pejabat Kuba menyatakan "darurat energi," dengan menghentikan kegiatan sekolah dan layanan publik yang tidak penting.

Setelah beberapa orang turun ke jalan untuk memprotes pemadaman listrik, Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel mengatakan dalam sebuah video yang diunggah di X bahwa mereka sedang bekerja untuk meringankan situasi tersebut.

Tetapi ia memperingatkan dengan menegaskan: "kami tidak akan membiarkan tindakan vandalisme dan apalagi mengganggu ketenangan rakyat kami."

Pemerintah menyatakan bahwa pasokan listrik diperkirakan akan pulih di sebagian besar wilayah negara itu pada Senin (21/10) tengah malam.

Situasi kelistrikan yang suram telah memperburuk keadaan penduduk yang sudah berjuang dengan inflasi tinggi serta kekurangan makanan, obat-obatan, bahan bakar, dan air.

Diaz-Canel menyalahkan embargo perdagangan yang dijatuhkan oleh AS atas pemadaman tersebut, dengan mengatakan bahwa embargo itu telah menyulitkan pengadaan bahan bakar untuk pembangkit listrik.

Menteri Luar Negeri Bruno Rodríguez juga menyatakan di X bahwa "jika embargo dicabut, tidak akan ada pemadaman."

Sumber: Anadolu
Baca juga: Sejumlah negara tawarkan bantuan perbaikan sistem energi listrik Kuba
Baca juga: Badai Oscar melanda Pantai Kuba di tengah pemadaman listrik nasional
Baca juga: Jutaan warga Kuba hadapi pemadaman listrik berkepanjangan