Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat 1.565.528 pengguna Commuter Line dan LRT Jabodebek telah menggunakan fasilitas layanan tarif spesial Rp1 saat pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"KAI mencatat antusiasme masyarakat menggunakan kesempatan tarif murah tersebut cukup tinggi, terbukti sebanyak 1.565.528 pengguna Commuter Line dan LRT Jabodebek telah menggunakan fasilitas layanan tersebut," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Anne merinci 1.565.528 pengguna tersebut yakni 1.504.362 pengguna layanan Commuter Line dan 61.166 pengguna layanan LRT Jabodebek.

Ia menuturkan bahwa KAI berkomitmen menyukseskan pelantikan Presiden Republik Indonesia yang telah dilaksanakan pada Minggu, (20/10).

Salah satu bentuk dukungan tersebut yaitu dengan menerapkan tarif spesial Rp1 pada seluruh perjalanan di lintas Jabodetabek untuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek.

"KAI melalui KAI Commuter dan LRT Jabodebek telah menerapkan tarif spesial Rp1 untuk seluruh perjalanan di lintas Jabodetabek pada 20 Oktober 2024 kemarin," ujarnya.

Baca juga: KAI Commuter tetapkan tarif KRL sebesar Rp1 saat pelantikan presiden

Selain memberlakukan tarif khusus, saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, KAI juga melakukan rekayasa pola operasi KA JJ.

Selain itu, melalui KAI Commuter juga mengoperasikan layanan pola perjalanan Commuter Line dengan total 1.048 perjalanan.

“Selain meningkatkan jumlah perjalanan di layanan Commuter Line, KAI juga meningkatkan jumlah perjalanan LRT Jabodebek dari 260 menjadi 364 perjalanan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat,” jelas Anne.

Anne menambahkan bahwa selain peningkatan jumlah perjalanan, KAI juga menambah ruangan dan fasilitas layanan kesehatan di berbagai stasiun dengan dilengkapi mobil ambulans ekstra untuk kondisi darurat.

Dalam hal pengamanan, KAI bekerja sama dengan Polda Metro untuk mengamankan stasiun-stasiun di wilayah Jakarta. Total ada 152 personel pengamanan untuk Stasiun KA Jarak Jauh dan 325 personel untuk Stasiun Commuter Line.

Ia mengapresiasi pengguna layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek yang terpantau disiplin dan tertib ketika menghadiri Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga: KA Pengumpan angkut sejuta pelanggan hingga triwulan tiga 2024

"KAI juga mengucapkan selamat untuk Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” ungkap Anne.

KAI juga terima kasih ke Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas dedikasi dan dukungan yang telah diberikan selama periode 2019-2024.

Menurut Anne, di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin, dunia perkeretaapian Indonesia mengalami banyak kemajuan signifikan.

Selain itu, inisiatif pembangunan infrastruktur yang masif, pengembangan jalur kereta api baru, modernisasi layanan, serta inovasi teknologi di sektor perkeretaapian telah meningkatkan kualitas transportasi di Indonesia secara keseluruhan.

“Dukungan KAI selama prosesi pelantikan presiden ini merupakan wujud nyata kontribusi dalam mendukung pembangunan bangsa," ucap Anne.

Lebih lanjut Anne mengatakan bahwa KAI terus berkomitmen memberikan layanan transportasi terbaik dalam mendukung kegiatan kenegaraan.

"Semoga inovasi dan pembangunan di sektor perkeretaapian dapat terus dilanjutkan demi kemajuan transportasi nasional,” kata Anne.