Odense, Denmark, (ANTARA/PRNewswire)- Universal Robots adalah perusahaan robot kolaboratif (cobot) asal Denmark. Untuk pertama kalinya, hari ini Universal Robots mempresentasikan UR AI Accelerator - perangkat keras dan perangkat lunak siap pakai yang dibuat untuk lebih memungkinkan pengembangan aplikasi cobot bertenaga AI.


Dirancang untuk penggunaan komersial dan penggunaan penelitian, UR AI Accelerator menyediakan platform yang dapat diperluas bagi pengembang untuk membuat aplikasi, mempercepat penelitian, dan menghemat waktu untuk memasarkan produk AI.




Toolkit ini menghadirkan akselerasi AI ke platform perangkat lunak generasi terbaru milik Universal Robots (UR), PolyScope X, dan didukung oleh pustaka akselerasi dan model AI NVIDIA Isaac™, yang dijalankan di system-on-module NVIDIA Jetson AGX Orin™. Secara khusus, NVIDIA Isaac Manipulator memungkinkan pengembang menghadirkan performa lebih cepat dan teknologi AI yang canggih pada solusi robot mereka. Toolkit ini juga dilengkapi kamera 3D baru Gemini 335Lg yang bermutu tinggi dari Orbbec.




Dengan segala sesuatu terintegrasi tanpa kendala, toolkit ini menawarkan arsitektur lengkap kepada pengembang yang siap dipasarkan dan siap digunakan langsung dari kemasannya.




Melalui program demo bawaan, AI Accelerator memanfaatkan platform UR untuk mengaktifkan fitur-fitur seperti estimasi pose, pelacakan, deteksi objek, perencanaan jalur, klasifikasi gambar, pemeriksaan kualitas, deteksi status, dan banyak lagi. Diaktifkan oleh PolyScope X, UR AI Accelerator juga memberikan kebebasan kepada pengembang untuk dengan tepat memilih toolset, bahasa pemrograman, dan pustaka yang ingin mereka gunakan dan fleksibilitas untuk membuat program sendiri.




"Dengan UR AI Accelerator, kami menyediakan semua yang dibutuhkan mitra kami untuk mengembangkan dan menerapkan solusi AI yang baru dan inovatif," kata Kim Povlsen, CEO dan Presiden Universal Robots. "Kami menjadi platform terdepan dalam menghadirkan aplikasi cobot AI ke pasar, dan kini kami mendobrak batas-batasnya lebih jauh. Bagian paling menarik adalah melihat dampak kemampuan baru ini terhadap mitra dan pelanggan kami."




James Davidson, Chief AI Officer di Teradyne Robotics, menjelaskan lebih lanjut:




"AI Accelerator UR dibuat di mana AI akan benar-benar membuat perbedaan - jika Anda membangun solusi di platform kami, maka akan menghemat waktu untuk penerapan sekaligus mengurangi risiko pengembangan solusi berbasis AI. Karena kami bertujuan untuk benar-benar meningkatkan AI fisik, AI Accelerator hanyalah yang pertama dipasarkan dari serangkaian produk dan kemampuan bertenaga AI di jaringan UR, semuanya dengan tujuan terfokus untuk membuat robotika lebih mudah diakses dibanding sebelumnya."




Diluncurkan pada minggu yang sama ketika ratusan pengembang perangkat lunak robot berkumpul di ROSCon 2024di tempat asal UR di Odense, Denmark, demo UR AI Accelerator dengan aplikasi CNC machine tending akan ditampilkan di pameran ROSCon.




Platform PolyScope X tersedia di seluruh dunia dan dapat digunakan untuk semua aplikasi otomatisasi cobot di seluruh industri. Fleksibilitas dan ekstensibilitasnya yang canggih akan dipamerkan di PolyScope X Festival pada bulan November, dengan menghadirkan berbagai solusi yang telah dikembangkan dengan platform baru ini, termasuk solusi AI. Setelah sedikit peningkatan perangkat keras, perangkat lunak ini kompatibel dengan cobot e-Series UR dan cobot generasi baru UR20 dan UR30.




Lihat kumpulan foto di sini




Tentang Universal Robots




Universal Robots adalah perusahaan terdepan di dunia di bidang robot kolaboratif (cobot) yang digunakan di berbagai industri. Misi kami sederhana saja: Otomatisasi untuk semua orang. Di mana saja. Lebih dari 90.000 cobot terjual di seluruh dunia dan platform kami yang ramah pengguna didukung oleh perangkat lunak PolyScope yang intuitif, pelatihan yang meraih penghargaan, layanan lengkap dan ekosistem cobot yang terbesar di dunia, yang menghadirkan inovasi dan pilihan kepada pelanggan kami.




Universal Robots adalah bagian dari Teradyne Robotics, divisi Teradyne (NASDAQ: TER), pemasok terkemuka untuk peralatan uji otomatis dan teknologi robotika canggih.




Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi www.universal-robots.com.