Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) memiliki dua wakil yang bakal menemani Abdul Mu’ti dalam menyukseskan dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah Atib Latiful Hayat.

“19, Prof. Atip Latipul Hayat, S.H., M,H., Ph.D, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah,” kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Nanik Purwanti, pada saat membacakan nama Wakil Menteri Kabinet Merah Putih, Senin.

Atib Latiful Hayat merupakan seorang aktivis intelektual dan juga ulama asal Tasikmalaya. Dalam kabinet Merah Putih, dirinya juga ditemani oleh Fajar Riza Ul Haq untuk menduduki jabatan sebagai wakil menteri di Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pria kelahiran 28 Juli 1964 ini banyak menempuh pendidikan di luar Indonesia. Pada tahun 2000, dia menyelesaikan pendidikan di Monash University, Australia melalui studi magister hukum (LL.M). Di tempat yang sama, dia juga berhasil meraih gelar Doktor (Ph.D) pada tahun 2007 dalam ilmu hukum.

Tidak puas sampai di situ, berbagai pendidikan tambahan juga pernah diikutinya di luar Indonesia, seperti The Hague Academy of International Law yang berlokasi di Belanda dan juga The United Nations, Geneva Office, dan The International Ocean Institute di India.

Di Indonesia sendiri, dia merupakan lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran pada 1990.

Di bidang yang ia tekuni, dia sempat dipercaya menduduki berbagai posisi kepemimpinan seperti Presiden International Law Association (ILA) Cabang Indonesia, Ketua Center for Air and Space Law Studies (ICASL) Fakultas Hukum Unpad, Anggota The Hague Working Group of Space Resource Activities, hingga menjadi Pemimpin Redaksi di Jurnal Hukum Internasional Padjadjaran.

Tidak hanya itu saja, dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS) masa jabatan 2022 - 2027.

Baca juga: Ferry Juliantono, penggiat koperasi yang ditugasi jadi Wamenkop
Baca juga: Dzulfikar Ahmad Tawalla, Wamen Perlindungan PMI dari Muhammadiyah