Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Pratikno menyebut bakal ada sidang kabinet untuk pembagian tugas di Kementerian Koordinator.

"Karena ini ada reorganisasi, termasuk dalam Kemenko-an, dalam waktu singkat akan ada sidang kabinet mengenai ini," ujar Pratikno dalam acara pisah sambut di Kementerian Koordinator (Kemenko) PMK, di Jakarta, Senin.

Dalam Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto membagi Kemenko PMK menjadi dua kelembagaan yakni Kemenko PMK dan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat.

Baca juga: Prabowo tunjuk Pratikno jadi Menko PMK

Kemenko PMK mempunyai tugas yaitu menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

Karena kini muncul Kemenko Pemberdayaan Masyarakat, maka kementerian teknis yang sebelumnya berada di Kemenko PMK akan dipecah atau dibagi-bagi. Praktino masih belum bisa menjelaskan mengenai pembagian kementerian teknis dan baru akan memaparkan secara rinci setelah sidang kabinet.

"Nanti, lah. Sidang kabinet pertama akan dilaksanakan dalam waktu cepat," kata dia.

Baca juga: Pratikno sebut dapat pesan untuk jaga kabinet tetap solid

Pratikno pun mengaku membutuhkan bantuan dalam memimpin Kemenko PMK. Ia akan belajar banyak kepada Muhadjir Effendy.

"Jangankan bekerja sebagai Menko. Bahkan saya belum siap disebut Menko PMK," kata dia.

Sebelumnya Menko PMK periode 2019-2024 Muhadjir Effendy menitipkan sejumlah program prioritas kepada penggantinya, Pratikno.

Baca juga: Muhadjir titipkan sejumlah program prioritas Kemenko PMK ke Pratikno