Jakarta (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kecil yang ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendukung pengembangan di sektor bisnis mereka.

Program ini menyediakan pinjaman dengan persyaratan yang lebih mudah dan bunga yang cukup rendah, sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia.

Untuk pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha, KUR BRI bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Keunggulan utama KUR BRI adalah proses pengajuan yang mudah dan dapat diakses secara online.

Dapat diketahui, KUR Kecil BRI merupakan kredit modal kerja atau investasi yang diberikan kepada debitur dengan usaha produktif dan layak, dengan maksimum pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta per debitur.

Pinjaman ini diperuntukkan bagi individu atau badan usaha yang menjalankan usaha produktif dan layak. Oleh karena itu, calon debitur harus memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya.

Persyaratan calon debitur KUR Kecil BRI

1. Mempunyai usaha produktif dan layak

2 Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit

3. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan

4. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

Syarat pinjaman KUR Kecil BRI

1. Pinjaman Rp50 - Rp500 juta

2. Jenis Pinjaman

- Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimum masa pinjaman 4 (empat) tahun

- Kredit Investasi (KI) dengan maksimum masa pinjaman 5 (lima) tahun

3. Suku bunga 6 persen efektif per tahun

4. Agunan sesuai dengan peraturan bank

Bunga dan maksimum pinjaman KUR Kecil BRI ditawarkan dengan suku bunga yang sangat kompetitif, yaitu sebesar 6 persen per tahun dan umlah maksimum pinjaman yang dapat diajukan melalui skema ini adalah sebesar Rp500 juta.

Program KUR ini tidak memerlukan agunan tambahan, karena yang dijadikan jaminan utama adalah kelayakan usaha debitur. Dengan persyaratan yang cukup mudah dan bunga yang rendah, program KUR Kecil BRI menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku UMKM yang ingin memperbesar skala usaha mereka.