Jakarta (ANTARA) - Menguasai bahasa Inggris saat ini sangat penting, tidak hanya untuk keperluan pendidikan tetapi juga untuk pengembangan karir di dunia profesional.

Sebagai salah satu bahasa internasional, bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi oleh orang-orang di seluruh dunia.

Belajar bahasa Inggris kini semakin mudah dengan bantuan teknologi. Ada banyak aplikasi yang dirancang untuk membantu berlatih penggunanya menguasai bahasa Inggris, baik dari segi kosakata, tata bahasa, hingga kemampuan berbicara.

Aplikasi-aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti latihan interaktif, pengucapan dan penulisan kata yang benar, tes kemampuan, serta forum diskusi untuk berlatih bersama pengguna lain.

Selain itu, beberapa aplikasi juga menawarkan pembelajaran melalui video dan permainan edukatif yang membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Dengan begitu banyak aplikasi yang tersedia, Anda dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Berikut beberapa informasi dari rekomendasi aplikasi terbaik untuk dijadikan bahan latihan belajar bahasa Inggris.

Daftar aplikasi berlatih bahasa Inggris

1. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa yang paling terkenal dan diakui di seluruh dunia.

Aplikasi ini menawarkan cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan melalui berbagai latihan, permainan, dan ujian. Dengan pendekatan gamifikasi, Duolingo membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

2. HelloTalk

HelloTalk termasuk dalam aplikasi sosial yang dirancang khusus untuk belajar bahasa melalui percakapan dengan penutur asli.

Pengguna dapat belajar bahasa Inggris dengan berbicara, menulis, membaca, mendengar dan bertukar pesan langsung penutur asli bahasa Inggris dari seluruh dunia.

3. Busuu

Busuu menawarkan pelajaran yang disusun dengan baik. Dalam aplikasi ini, Anda akan belajar bahasa Inggris dari berbagai aspek.

Anda dapat mengembangkan kemampuan mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Salah satu fitur menarik dari Busuu adalah adanya komunitas pembelajaran bahasa yang memungkinkan pengguna saling memberikan umpan balik. Dengan cara ini, pengguna bisa mendapatkan koreksi langsung dari penutur asli bahasa Inggris.

4. Babbel
​​​​​​​
Metode pembelajaran Babbel didesain agar pengguna bisa langsung mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam situasi nyata. Aplikasi ini menyediakan kursus yang dirancang oleh para ahli bahasa serta berbagai latihan interaktif untuk meningkatkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.

5. Memrise
​​​​​​​

Memrise adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang menggunakan metode pemahaman dan pengulangan ulang untuk membantu pengguna memperluas kosakata bahasa Inggris mereka dengan cepat dan efektif. Aplikasi ini menawarkan berbagai kursus bahasa yang mencakup berbagai topik

6. BBC Learning English

Aplikasi ini menyediakan sumber daya untuk belajar bahasa Inggris, termasuk video, artikel, dan latihan kuis interaktif. Dengan berbagai materi pembelajaran, pengguna dapat meningkatkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris.

7. Cake
​​​​​​​
Aplikasi ini menawarkan video pendek yang diambil dari konten-konten nyata, seperti vlog atau klip film, sehingga pengguna bisa belajar bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Cake juga memiliki fitur pengenalan suara yang membantu pengguna memperbaiki pengucapan, pendengaran, serta pembelajaran pemahaman bahasa Inggris melalui kuis.


Baca juga: Agora dan HelloTalk bermitra hadirkan platform pembelajaran bahasa

Baca juga: Aplikasi Alipay tersedia dalam 16 bahasa untuk fasilitasi wisatawan

Baca juga: Opsi bahasa Indonesia telah tersedia di aplikasi Gemini