Mexico City (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez Parrilla menyatakan pemerintah negaranya telah menerima tawaran bantuan dari Venezuela, Meksiko, Kolombia, Barbados, dan Rusia, setelah negara itu mengalami kegagalan sistem pasokan listrik sejak Jumat (18/10) pekan lalu.

Parrila menyampaikan ucapan terima kasih kepada negara-negara tersebut dan menambahkan sedang bernegosiasi untuk menerimanya.

"Kami menghargai upaya dan dukungan segera yang ditawarkan oleh pemerintah Venezuela, Meksiko, Kolombia, Rusia, dan Barbados untuk menyelesaikan situasi saat ini dalam sistem listrik nasional. Kuba sedang bernegosiasi untuk menerima bantuan ini," kata menteri tersebut di X.

Pada Jumat, pemerintah Kuba melaporkan bahwa kegagalan Pembangkit Listrik Tenaga Thermal Antonio Guiteras di Matanzas mengakibatkan pemadaman total sistem listrik negara tersebut.

Perbaikan pada Sabtu (19/10) tidak berhasil meningkatkan pelayanan, dengan pasokan listrik yang sebelumnya dipulihkan terputus kembali.

Setelah itu, pihak berwenang mengoperasikan sejumlah fasilitas pembangkit dan berhasil menghubungkannya secara singkat ke sistem yang berfungsi di sebagian besar pulau, tetapi pada Minggu (20/10) malam mereka melaporkan bahwa sistem listrik sepenuhnya padam kembali.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Presiden Kuba pimpin ribuan orang dalam aksi bela Palestina di Havana
Baca juga: Badai Oscar melanda Pantai Kuba di tengah pemadaman listrik nasional