Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu merampungkan pembangunan tiga unit penampungan air hujan (PAH) di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

"Penampungan air ini dibangun di kawasan Kantor Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka dan dibagi menjadi tiga titik (lokasi) di antaranya halaman kantor, samping mushalla, dan di lokasi penangkaran penyu sisik," kata Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Mustajab di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kepulauan Seribu jamin ketersediaan air bersih bagi seluruh warga

Ia mengatakan penampungan air ini telah selesai dikerjakan sejak Sabtu (19/10) dengan ketinggian pondasi 100 centimeter (cm), dan lebar 110 cm.

Dia juga menjelaskan pengerjaan dilakukan sejak 8 Oktober 2024, dilakukan secara manual menggunakan pacul, linggis, palu , pahat baja dan lainnya.

Baca juga: PAM Jaya bangun reservoir untuk atasi krisis air di Rusun Marunda

"Kami mengerahkan sepuluh petugas SDA Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang," kata dia.

Ia menambahkan penampungan air hujan ini berfungsi untuk menambah pasokan air bersih warga.

Baca juga: SDA DKI minta PAM Jaya rawat SWRO untuk ketersediaan air bersih

"Kapasitasnya mampu menampung 1.050 liter. Jadi, nantinya sudah bisa digunakan sebagai lokasi penampungan air saat hujan dengan intensitas tinggi yang diperkirakan terjadi pada bulan-bulan ini," kata dia.