Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Marciano Norman mengatakan prestasi pembalap Aldi Satya Mahendra yang berhasil menjuarai World Super Sport 300 (WorldSSP 300) 2024 merupakan bukti kemajuan cabang balap motor Indonesia dalam persaingan di kancah internasional.

"Apa yang diraih Aldi menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia mampu (bersaing di level internasional),” kata Marciano Norman melalui laman resmi KONI Pusat yang dipantau di Jakarta, Senin.

Maricano pun menyampaikan selamat kepada Aldi Mahendra yang membanggakan bagi bangsa dan negara Indonesia di panggung dunia serta mencatatkan sejarah bermotor Indonesia dengan prestasi gemilang.

Prestasi tersebut, kata dia, bisa menjadi motivasi penting bagi pembalap asal Yogyakarta itu untuk semakin berprestasi ke depan maupun menjadi motivasi bagi pembalap lainnya di Tanah Air.

“Saya berharap generasi muda semakin termotivasi untuk mengikuti jejak Aldi. Terima kasih atas kerja keras Aldi, dan seluruh pihak yang mendukung,” sambungnya.

Marciano juga berharap Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP. IMI) di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo dapat mengantar lebih banyak atlet berprestasi dunia.

Baca juga: Aldi Mahendra ukir sejarah dengan juarai World Supersport 300 2024

Pembalap Indonesia yang membela tim BrCorse, Aldi Satya Mahendra, mengukir sejarah setelah dinobatkan sebagai juara dunia WorldSSP 300 2024 setelah menyelesaikan balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (21/10).

Aldi sendiri, secara terpisah, mengaku tidak sabar untuk naik ke kelas balap motor World Supersport (WorldSSP) setelah meraih juara tersebut.

“Saya tidak sabar menunggu tahun depan karena saya akan naik ke kelas WorldSSP bersama Yamaha,” ungkap Aldi, dikutip dari keterangan resmi World Superbike (WorldSBK), Senin.

Aldi memulai karier balapnya pada tahun 2015. Mengikuti jejak sang kakak, Galang Hendra, ia memulai jalannya menuju kesuksesan gelar juara perdana untuk Indonesia saat ini. Sepanjang kariernya di dunia balap motor, Aldi telah menorehkan sejumlah prestasi penting, termasuk beberapa kali naik podium di Asia Road Racing Championship (ARRC) pada tahun 2019.

Lebih lanjut, pada tahun 2022, Aldi berlatih di Yamaha VR46 Master Camp di Italia, semakin mengasah keterampilannya di bawah bimbingan legenda MotoGP Valentino Rossi. Ia kemudian bergabung dengan seri WorldSSP300 pada tahun 2022 dan meraih kemenangan pertamanya di Autodrom Most pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, ia juga menjadi runner-up di Yamaha R3 bLU cRU European Cup, sebelum naik ke WorldSSP300 dan mengikuti jalur SBK Roadway. Sepanjang musim 2024, Aldi menunjukkan keterampilan dan konsistensi yang luar biasa dengan mencetak poin di setiap balapan. Perjalanannya ditandai oleh serangkaian hasil yang mengesankan, termasuk kemenangan penting di Misano dan beberapa kali naik podium.

Baca juga: Setelah juara WorldSSP300, Aldi Mahendra tak sabar naik ke WorldSSP