Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 180 ekor kuda dari 30 tim atau stable meramaikan kejuaraan KHI Jogja Istimewa 2024, yang berlangsung di Kawedan Bangun Kerto Turi Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 16 sampai 20 Oktober silam.

Kejuaraan ini melombakan kategori dressage (tunggang serasi) dan show jumping (lompat rintangan), dengan total hampir 900 peserta yang berpartisipasi.

"Alhamdulillah kejuaraan berjalan lancar, para atlet dan kuda-kuda juga selamat hingga akhir pertandingan, dan yang terpenting semua yang ikut di kejuaraan ini bisa menikmatinya." kata President of Event KHI Jogja Istimewa 2024 Sapta Nugraha seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta di Jakarta, Senin.

Selain dihadiri para peserta dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta sebagai tuan rumah, kejuaraan kali ini juga diikuti oleh tim-tim dan atlet-atlet berkuda papan atas Indonesia dari DKI Jakarta dan Jawa Barat yang merupakan kiblat olahraga berkuda equestrian di tanah air.

"Saya berharap agar atlet-atlet dari daerah bisa menyerap ilmu dan pengetahuan tentang berkuda dari para atlet berkuda profesional yang hadir di kejuaraan ini sekaligus bisa berkompetisi dengan mereka tanpa perlu jauh-jauh datang baik ke Jakarta atau Jawa Barat, karena kesempatan ini tentu jarang sekali terjadi dimana para Atlet berkuda profesional bisa berkumpul dalam satu kejuaraan berkuda di tingkat daerah." lanjut Sapta.

Pada kejuaraan tersebut, hadiah utama berupa satu unit Honda Brio berhasil direbut oleh Yanyan Hadiansyah dan kuda DSP Toscana yang mewakili Almor Stable dari kelas pertandingan paling bergengsi yakni SJ 115 Cm Open.

Sebelum berhasil membawa pulang hadiah utama tersebut, Yanyan harus bersaing ketat dengan 21 peserta lainnya yang merupakan para atlet berkuda papan atas nasional dengan kuda-kuda yang memiliki kemampuan mumpuni melalui dua babak pertandingan ditambah satu babak Jump Off yang digelar dalam dua hari.

Hasil akhir pertandingan Yanyan dan kuda DSP Toscana unggul dengan meraih hasil Clear Round di ketiga babak tersebut dengan catatan waktu tercepat di babak Jump Off 41,03 detik diikuti oleh Arserl Rizki Brayudha (Aragon Equestrian Sport), Agung Riyanto (TKM ART Team), dan Riko Ganda Febryanto (Denkavkud Aragon Equestrian Sport).

Baca juga: Berkuda - Jakarta juara umum pacu kuda

Baca juga: Dinov syukuri raihan medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024