Lyaskovets, Bulgaria, (ANTARA/PRNewswire)- SERMATEC, pionir solusi energi terbarukan, telah meluncurkan sistem penyimpanan energi komersial dan industri 5,1MW/17,8MWh yang inovatif di Bulgaria. Proyek yang penuh terobosan ini segera mentransformasi industri energi lokal dengan meningkatkan efisiensi tenaga surya dan menopang pertumbuhan ekonomi.


Klien SERMATEC, pengelola pembangkit listrik fotovoltaik, berhadapan dengan tantangan besar akibat suplai tenaga surya yang berlebih tanpa memiliki kapabilitas penyimpanan energi yang memadai. Dampaknya, listrik terbuang sia-sia pada siang hari, dan klien harus membeli listrik dari sistem transmisi listrik pada malam hari. Demi mengatasi kesenjangan suplai dan permintaan yang timbul dari produksi listrik yang berlebih ini, solusi SERMATEC tak hanya mencegah negative pricing, namun juga mendukung klien terlibat dalam jual-beli listrik (electricity market trading). Dengan kapasitas penyimpanan listrik di atas 6,5 juta kWh setiap tahun, sistem tersebut menjamin ekosistem energi yang lebih berimbang dan layak secara ekonomi.




Unsur utama di balik inovasi tersebut adalah 48 unit Sistem Penyimpanan Energi SERMATEC EasyCube Series 372kWh. Solusi berbentuk kabinet ini meningkatkan efisiensi ruang dan memastikan fleksibilitas operasional sehingga menjadi standar baru dalam segmen penyimpanan energi. Setiap komponen terwujud lewat proses desain dan produksi yang cermat, melambangkan komitmen SERMATEC pada keunggulan. Didukung baterai LFP 3.2V 280Ah yang canggih, sistem ini tak hanya aman dan reliabel, namun juga memiliki efisiensi konversi hingga 99%, sedangkan siklus desain yang melampaui 15 tahun. Sistem ini lebih dari sekadar solusi penyimpanan energi; melainkan juga bukti dari keunggulan teknik. Proyek tersebut mengatasi kelebihan suplai tenaga surya dan mendorong wilayah setempat bergerak menuju pembangunan hijau dan rendah karbon.




Proyek tersebut menggunakan sistem EMS yang dikembangkan sendiri oleh SERMATEC. Sistem ini mengintegrasikan pembangkit listrik PV agar mampu mengonsumsi tenaga surya dan memanfaatkan penyimpanan energi secara swadaya. EMS tak hanya menyimpan suplai tenaga surya yang berlebih, namun juga mengelola penggunaan energi ketika beban puncak dan di luar beban puncak. SERMATEC juga meningkatkan pengendalian berdasarkan platform komputasi awan sehingga klien dapat memonitor kegiatan operasional penyimpanan energi secara langsung.




Proyek ini pun menggunakan sistem BMS yang secara independen dirancang SERMATEC. Dengan rencana manajemen pintar, proyek ini turut menjamin aspek keamanan baterai penyimpanan energi sekaligus memperpanjang siklus pemakaian. Maka, klien dapat mencapai efisiensi penggunaan energi.




SERMATEC tak hanya menggarap berbagai proyek--namun juga membangun masa depan energi berkelanjutan. Anda dapat bergabung dengan SERMATEC di Bulgaria dan mewujudkan visi ini.




Sumber: SERMATEC

info@sermatec-ess.com

en.sermatec-ess.com