Beijing (ANTARA) - China mengumumkan rencana untuk memperkuat pengembangan program doktoral dalam disiplin ilmu sains, teknik, pertanian, dan kedokteran.

Pengembangan program doktoral dalam disiplin ilmu dasar dan ilmu yang sedang berkembang pesat (emerging), maupun bidang interdisipliner, juga akan ditingkatkan, sebagaimana pedoman peningkatan reformasi komprehensif pendidikan doktoral yang baru-baru ini diluncurkan oleh Kantor Umum Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Dewan Negara China.

Proporsi program-program doktoral profesional juga akan ditingkatkan, kata pedoman itu.

Pedoman tersebut memaparkan upaya untuk mempercepat pembangunan disiplin-disiplin ilmu yang berkaitan dengan bidang-bidang utama, meningkatkan integrasi berbagai disiplin ilmu, serta mengeksplorasi jalur-jalur baru untuk pertukaran dan kerja sama internasional.

Pada bulan lalu, Kementerian Pendidikan China mengumumkan bahwa universitas-universitas ternama di luar negeri, khususnya yang berfokus pada bidang sains dan teknik, didorong untuk menyelenggarakan program pendidikan bersama dengan universitas-universitas bidang sains dan teknik di China.

Kementerian Pendidikan China mengungkapkan bahwa negara tersebut berencana akan mendukung universitas-universitas terkemuka dalam memperluas kapasitas pendidikan mereka dan akan mendirikan beberapa universitas riset tingkat lanjut.