Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi menilai perubahan nomenklatur Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital memang diperlukan.

"Tentu perubahan nomenklatur diperlukan, karena 'informatika' saat ini sudah kurang relevan, karena ketika informatika digunakan lebih dari 20 tahun lalu, teknologi yang berkembang adalah teknik komputer yang identik dengan teknik informatika," kata Heru saat dihubungi ANTARA pada Senin.

"Jadi kita mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Pak Prabowo yang telah mengganti nomenklatur Kementerian Kominfo menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital," katanya.

Heru mengungkapkan bahwa dia pernah mengajukan gagasan perubahan nomenklatur Kemenkominfo karena menilai istilah "informatika" sudah kurang relevan dalam konteks perkembangan teknologi masa kini.

Dia mengemukakan, saat ini teknologi yang banyak diperbincangkan adalah teknologi berbasis digital seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), big data, dan Internet of Things (IoT). Penggunaan nomenklatur kementerian yang baru dinilai lebih sesuai dengan kondisi terkini.

Heru menekankan pula pentingnya pemilihan wakil menteri dengan kompetensi di bidang digital, yang punya cukup pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman dalam hal seperti keamanan siber, pelindungan data pribadi, pembangunan infrastruktur digital, inovasi layanan digital, serta penerapan sistem pemerintahan digital.

Politikus Partai Golkar Meutya Viada Hafid dipilih menjadi menteri komunikasi dan digital dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Meutya menggantikan Budi Arie Setiadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dan kini menempati jabatan menteri koperasi.

Jabatan wakil menteri komunikasi dan digital akan diisi oleh Angga Raka Prabowo dan Nezar Patria. Keduanya menjabat sebagai wakil menteri komunikasi dan informatika dalam Kabinet Indonesia Maju pada pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Meutya Hafid terpilih jadi Menteri Komunikasi dan Digital

Baca juga: Budi Arie sebut Kemenkominfo harus lebih baik di tangan menteri baru