Jakarta (ANTARA) - Menjalin hubungan asmara adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan banyak orang. Namun, menemukan pasangan yang tepat dan positif bukanlah hal mudah.

Setiap orang memiliki pemikiran dan karakteristik yang berbeda-beda, sehingga sangat penting untuk mengenal seseorang lebih dalam, terutama saat memilih pacar.

Kesalahan dalam memilih pacar yang kelak nantinya akan menjadi pasangan hidup kita, bisa berdampak pada kesehatan mental dan emosional, lho.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal dalam memilih pacar yang tepat dan positif yang bisa mendukung kebahagiaan serta pertumbuhan diri kita.

Akan tetapi, seringkali kita merasa bingung dan kesulitan dalam mengetahui karakteristik dan memilih kriteria yang pas.

Agar tidak salah pilih pacar, berikut adalah beberapa tips memilih pacar yang tepat dan positif agar hubungan asmara yang dijalani bisa langgeng dan sehat.

Tips memilih pacar yang tepat dan positif

1. Pasangan yang selalu menjaga komunikasi

Dalam sebuah hubungan, pentingnya menjalin suatu komunikasi. Mulai dari komunikasi, Anda dapat mengenali karakter seseorang dan memastikan apakah pasangan se-frekuensi dengan Anda saat diajak berbicara atau bertukar pikiran.

Pacar yang baik adalah mereka yang selalu ingin berkomunikasi dan bisa diajak berdiskusi perihal apapun dengan tenang, tanpa harus merasa tertekan. Sebagai pacar, tentunya mesti menjadi pasangan yang bisa mendengarkan Anda dengan rasa empati dan saling mendukung satu sama lain.

2. Tidak kasar dan menunjukkan sikap penyayang
JIka pasangan Anda benar-benar tulus dan sayang, tentunya ia akan memberikan perlakuan yang baik dan tidak kasar.

Bagi yang memiliki pasangan yang sabar dan selalu menunjukkan sikap kasih sayangnya, seperti berusaha untuk meluangkan waktu agar bisa bertemu atau selalu mengingat hal kecil tentang diri Anda, tentunya sangat beruntung karena memiliki pacar yang tepat.
3. Hindari sikap yang berlebihan dan membawa dampak negatif


Hubungan yang positif tentunya menjadi impian semua orang. Jika ingin terjauhi dari hubungan toxic, Anda perlu memperhatikan tanda-tandanya, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar.
Contohnya seperti cemburu yang berlebihan bisa menjadi tanda ketidakpercayaan dan posesif, terlalu mengekang atau mengontrol kehidupan kita, tidak bisa diandalkan atau tidak bertanggungjawab, dan melalukan kekerasan baik fisik maupun verbal.

Jika sudah mendapatkan perlakuan kasar dan berlebihan tersebut, jangan ragu untuk meninggalkan pasangan untuk keselamatan diri, kesehatan mental, dan masa depan Anda.

4. Punya rencana tujuan yang sama


Dalam hubungan bersama pacar, baiknya jika pasangan memiliki tujuan yang sama. Contohnya sebelum menikah masing-masing ingin memiliki karir terlebih dahulu dan siap komitmen menjalani hubungan yang lebih serius yaitu menikah.

Hal ini tentunya memiliki sikap saling mengerti dan menerima kelebihan atau kekurangan dari diri pasangan. Tanpa hal tersebut, pasangan tidak akan menemukan tujuan yang sama dalam hubungannya.
5. Memiliki rasa setia dan saling komitmen


Kesetiaan adalah salah satu hal terpenting dalam memilih pasangan hidup. Pacar yang tepat adalah mereka yang bisa memberikan komitmen penuh pada hubungan, tanpa terlibat dalam perilaku yang buruk, seperti berbohong atau mendua.
Kesetiaan menciptakan rasa tenang dan kepercayaan yang menjadi kunci untuk hubungan yang langgeng dan positif. Jika pasangan Anda menunjukkan sikap setia dalam berbagai hal, itu adalah pertanda bahwa ia bisa diandalkan untuk menjalani hubungan yang lebih serius.

6. Saling menghargai dan mendukung


Sebuah hubungan yang sehat tidak hanya didasarkan pada kasih sayang, tetapi juga pada rasa saling menghargai dan mendukung. Pasangan hidup yang tepat akan menghormati keputusan Anda, selalu memberikan dukungan dalam setiap hal yang berkaitan dengan diri Anda, dan berusaha untuk selalu hadir di sisi Anda.
Pasangan yang mendukung ialah dirinya tidak akan merasa terancam atau rasa iri oleh kesuksesan Anda, melainkan akan ikut merasa bahagia dan bangga. Hubungan yang positif adalah hubungan dimana Anda dan pasangan saling menginspirasi untuk menjadi versi terbaik dari diri masing-masing.

7. Jangan hanya fokus pada satu orang


Perluas lingkungan pergaulan dengan bergabung dalam komunitas atau organisasi yang sesuai dengan minat Anda. Siapa tahu, Anda akan bertemu dengan seseorang yang lebih baik dan sosok yang spesial dari lingkungan tersebut.
Selain itu, hal ini dapat menambah koneksi relasi dan meningkatkan kemampuan sosialisasi diri Anda.

8. Mengenal diri sendiri


Sebelum melakukan penilaian terhadap pasangan Anda, sangat menjadi hal penting untuk mengenali diri sendiri. Hal ini dibutuhkan untuk menilai beberapa hal seperti tujuan hidup hingga, karakteristik, dan prinsip.
Hubungan yang sehat dan positif bukan hanya tentang kasih sayang belaka, tetapi juga tentang komunikasi, kecocokan, dukungan, dan kesetiaan.

Dengan melakukan tips di atas, Anda bisa lebih selektif dalam memilih pasangan yang akan mendampingi Anda.