Jakarta (ANTARA) - Bek muda Tom Rothe berperan besar membawa Union Berlin menundukkan tuan rumah Holstein Kiel dengan skor 2-0, pada pertandingan Liga Jerman di Stadion Holstein, Kiel, Minggu.

Hasil itu membuat Union berhak menduduki posisi kelima di klasemen sementara dengan koleksi 14 poin, hanya terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen Bayern Munich,

Sedangkan Holstein yang menelan kekalahan kelimanya di liga musim ini terpuruk di posisi ke-17 dengan dua poin.

Rothe yang baru berusia 18 tahun memberikan start sempurna bagi Union. Bola umpan silang kirimannya dapat dimaksimalkan Aljoscha Kemlein yang berada di dalam kotak penalti untuk dikonversi menjadi gol pada menit ke-18.

Gol tersebut sekaligus merupakan gol perdana bagi Kemlein untuk Union, dan menjadikan pemain 20 tahun itu sebagai produk Union junior pertama yang mampu mengemas gol di Liga Jerman.

Kiel yang belum pernah merasakan kemenangan di strata tertinggi setelah berhasil promosi pada musim lalu, berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun justru Rothe yang mampu mengukir namanya di papan skor, saat tandukannya memanfaatkan bola tendangan sudut Laszlo Benes berbuah gol kedua Union pada menit ke-89.

Ini merupakan kemenangan tandang pertama bagi Union pada musim 2024/2025.


Baca juga: Klasemen Bundesliga: Bayern Muenchen & RB Leipzig posisi teratas

Rothe yang pindah dari Borussia Dortmund ke Union pada musim panas silam, awalnya didatangkan sebagai pemain pelapis. Namun kepergian bek kiri Robin Gosens ke Fiorentina, membuat Rothe mendapat kepercayaan untuk menghuni tim inti.

Ia selalu dimainkan sebagai pemain utama Union di Liga Jerman musim ini.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih larut, Werder Bremen juga berhasil mencuri kemenangan 4-2 saat melawat ke markas Wolfsburg.

Tuan rumah Wolfsburg lebih dahulu memecah kebuntuan berkat gol Tiago Tomas pada menit ke-19. Kerja keras Bremen untuk dapat menyamakan kedudukan baru terbayar pada menit k-45+5 melalui gol Mitchell Weiser. Skor imbang 1-1 menutup babak pertama.

Saat babak kedua belum lama bergulir, Bremen berbalik unggul melalui gol Felix Agu pada menit ke-51. Marvin Ducksch memperbesar keunggulan Bremen berkat golnya pada menit ke-67.

Perjuangan Wolfsburg untuk dapat memperkecil ketertinggalan semakin sulit saat Patrick Wimmer mendapat kartu merah pada menit ke-68. Tidak lama kemudian, tepatnya pada menit ke-72, Marco Gruell mencetak gol keempat Bremen.

Wolfsburg masih dapat memperkecil ketertinggalan berkat gol Joakim Maehle pada menit ke-79. Namun setelah gol itu tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai laga usai, dan Bremen pun sukses mencatatkan kemenangan ketiganya di liga musim ini.

Tambahan tiga poin membawa Bremen menghuni posisi kedelapan dengan 11 poin. Untuk Wolfsburg, kekalahan keempat mereka pada musim 2024/2025 ini membawa mereka menghuni posisi ke-13 dengan tujuh poin.

Baca juga: Bayern kembali rebut pucuk klasemen setelah hancurkan Stuttgart 4-0

Baca juga: Boniface bawa Leverkusen raih poin penuh usai taklukkan Frankfurt, 2-1