Jakarta (ANTARA) - Dody Hanggodo terpilih menjadi Menteri Pekerjaan Umum (PU) dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Ir.Dody Hanggodo, MPE, Menteri Pekerjaan Umum," ujar Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu malam.

Berdasarkan pengumuman tersebut maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berubah nomenklatur menjadi dua kementerian yakni Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Dody Hanggodo merupakan salah satu dari 49 tokoh yang dipanggil oleh Presiden Prabowo di rumahnya di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan pada Senin (14/10).

Mereka yang dipanggil untuk ditempatkan di posisi pos kementerian yang telah dipersiapkan Prabowo.

Para tokoh itu terdiri atas politisi, akademisi, hingga menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Airlangga Hartarto terpilih jadi Menko Bidang Perekonomian
Baca juga: Budi Gunadi Sadikin kembali dipercaya jadi Menkes usai tangani pandemi


Sebagai informasi, Presiden RI Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinetnya bernama Kabinet Merah Putih berikut sejumlah nama-nama menteri yang berada dalam kabinet pemerintahannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam.

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan sejumlah nama menteri didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih dan saya ingin umumkan susunan kabinet merah putih 2024," kata Presiden Prabowo.

Adapun jumlah menteri dan kepala badan yang diumumkan mencapai 53 orang, sedangkan wakil menteri yang diumumkan berjumlah 56 orang. Pengumuman tersebut dilakukan setelah Prabowo-Gibran dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

Baca juga: Prabowo umumkan daftar nama wakil menteri Kabinet Merah Putih
Baca juga: Prabowo tunjuk Sjafrie Sjamsoeddin dan Donny Ermawan menhan-wamenhan