Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Zulkifli Hasan, Menteri Koordinator Bidang Pangan," kata Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

Kementerian Koordinator Bidang Pangan menjadi kementerian baru yang dibentuk pada era pemerintahan Prabowo Subianto.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli lahir di Lampung pada 17 Mei 1962. Ia merupakan seorang wirausahawan dan politisi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Merujuk data dari Kementerian Perdagangan, Zulhas mulai terjun karier politiknya, saat menjabat sebagai Ketua Dewan Tani Nelayan Provinsi Lampung, Wakil Ketua Masyarakat Lampung Sai, dan memprakarsai Persatuan Pemuda Lampung. Dirinya memimpin Institut Buruh Pertanian dan Nelayan Muhammadiyah dari tahun 2000 hingga 2005.

Kemudian, karier politik Zulhas meningkat dengan menduduki sejumlah posisi struktural di partai yang menaunginya PAN. Dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai ketua Departemen Logistik di DPP PAN periode 2000-2005.

Posisi itu yang akhirnya mengantar Zulkifli Hasan menjadi Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional di Dewan Perwakilan Rakyat RI. Zulkifli Hasan diamanahkan menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI periode 2004-2009 dalam Komisi VI DPR yang membidangi perhubungan dan infrastuktur.

Zulkifli Hasan termasuk dalam tim kepengurusan DPP PAN 2005-2010 dan terpilih sebagai Ketua Umum PAN sejak 1 Maret 2015.

Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015–2020, menggantikan Hatta Rajasa, melalui Kongres PAN berdasarkan hasil pemungutan suara yang diadakan di Bali.

Baca juga: Presiden Prabowo tunjuk M. Herindra sebagai Kepala BIN
Baca juga: Prabowo umumkan daftar nama wakil menteri Kabinet Merah Putih