Jakarta (ANTARA) - Sugiono resmi ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri RI oleh Prabowo Subianto yang pada Minggu pagi telah dilantik sebagai Presiden RI bersama Gibran Rakabuming Raka yang turut ambil sumpah sebagai Wakil Presiden RI.

Pengumuman tersebut disampaikan Prabowo usai jamuan makan malam bersama para calon menteri dan wakil menteri di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.

Presiden turut mengumumkan politisi Partai Gelora Anis Matta, Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno akan menjabat sebagai wakil menteri luar negeri.

Ketiga Wamenlu akan membantu Sugiono, yang pada periode 2019—2024 bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI, menjalankan tugasnya menakhodai diplomasi nasional sebagai Menlu RI pada Kabinet Prabowo, yang diberi nama “Kabinet Merah Putih.”

Sugiono sebelumnya mengaku siap ditempatkan di posisi manapun untuk mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, usai bertemu dengan Prabowo di kediamannya di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

"Saya prajurit, apapun yang diberikan tugas kepada saya akan laksanakan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab," kata Sugiono saat itu.

Baca juga: Sugiono pastikan siap ditempatkan di mana pun demi dukung Prabowo

Sugiono diketahui telah bertugas menyambut tamu negara yang datang ke Tanah Air untuk upacara pelantikan Prabowo-Gibran, Sabtu (19/10). Ia menyambut Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan menteri-menteri yang diumumkan Presiden Prabowo malam ini bakal langsung dilantik sebagai menteri pada Senin (21/10) pagi, sementara untuk para wakil menteri, yang juga diumumkan malam ini, akan dilantik pada Senin sore hari.

Beberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo telah memanggil 100 orang lebih untuk calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kartanegara Nomor 4, Jakarta Selatan.

Prabowo juga memberi pembekalan kepada mereka selama dua hari di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Anis Matta dan Arrmanatha ditugaskan Prabowo sebagai Wamenlu