Solo (ANTARA) - Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana tiba di Solo setelah mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah, Minggu sore, 20 Oktober 2024, usai menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Gedung MPR Senayan Jakarta.



Dari pantauan AntaraNews, sepanjang jalan mulai dari Bandara Adi Soemarmo hingga Kota Solo, ribuan orang memadati kanan kiri jalan saat iring-iringan rombongan Jokowi memasuki kota.



Sorak-sorai suara masyarakat pun menggema ketika rombongan Jokowi melintas. Di sepanjang jalan, Jokowi dan Iriana yang menaiki kendaraan dengan atap terbuka pun ikut membagikan kaos kepada masyarakat.



Selain warga masyarakat dan para siswa, rombongan Jokowi juga disambut meriah oleh para driver ojek online (ojol) terutama dari Gojek. Terlihat ratusan driver ojol berseragam hijau itu melambai-lambaikan tangan kepada Jokowi.



“Selamat datang kembali pak jokowi di kota Surakarta kita tercinta, dan terimakasih sudah bekerja keras untuk indonesia dan terimakasih atas kepercayaan kepada layanan gojek,” kata Ari Fiana, driver Gojek asal Solo kepada media.



Di lokasi yang sama, Nahari Tyas Sasongko, driver Gojek asal Solo, juga antusias dengan kembalinya Jokowi. “Saya pernah denger bapak pernah pesen gofood di istana bogor, kini kita siap loh pak untuk mengantar pesanan GoFood ke rumah bapak di Solo,” tambah Nahari Tyas.



Jokowi ‘mudik’ ke Solo setelah purna tugas sebagai Kepala Negara selama 2 periode beruntun, yakni 2014-2019 dan 2019-2024.



Kepulangan Jokowi ini terjadi usai menghadiri Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara MPR, Senayan, Jakarta, 20 Oktober 2024, dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.



Setelah pelantikan itu, Jokowi langsung kembali ke Solo dengan memakai pesawat menuju Bandara Adi Soemarmo dan tiba di pada pukul 16.05 WIB.



Kediaman Jokowi
Di sisi lain, AntaraNews melaporkan, di kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan tokoh masyarakat sudah menanti kedatangan keduanya.



Salah satu tokoh masyarakat yang terlihat ikut menunggu kedatangan Jokowi yakni Pengageng Pura Mangkunegaran Solo KGPAA Mangkunegara X.



Penjabat Sementara Wali Kota Surakarta Dhoni Widiyanto mengatakan terkait dengan penyambutan tersebut, Pemerintah Kota Surakarta sudah berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri. "Begitu mendarat di bandara sampai dengan nanti di kediaman di Sumber, kami adakan acara sederhana," katanya.



Sebagai informasi, terakhir Jokowi menjadi Wali Kota Solo periode Juli 2005-Oktober 2012 sebelum pindah ke Jakarta menjadi Gubernur DKI periode Oktober 2012-Oktober 2014. Pada periode pertama menjadi Presiden, Jokowi didampingi Yusuf Kalla, dan periode kedua bersama Ma’ruf Amin.