Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Admiral Prof Jayanath Colombage menyampaikan harapannya agar pemerintahan Indonesia semakin mendorong keadilan bagi negara-negara di belahan bumi selatan atau negara-negara berkembang.

"Jadi kami berharap kepada presiden baru, wakil presiden baru, dan tim baru agar mereka dapat memberikan keadilan kepada negara-negara di belahan bumi selatan," kata dia usai upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 di Kompleks Senayan, Jakarta, Minggu.

Colombage juga menyampaikan harapan agar Indonesia dapat menunjukkan kekuatan negara-negara berkembang sebagai satu kesatuan dan satu entitas.

Di tengah gejolak geopolitik global dan konflik yang terjadi di banyak negara, Colombage juga berharap agar Presiden baru RI bisa menjadi penentu arah yang benar bagi negara-negara di kawasan dan dunia yang lebih luas.

Dia juga mendorong hubungan yang lebih erat dengan Indonesia mengingat kebijakan luar negeri negara itu untuk lebih terhubung dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

"Jadi, kami benar-benar membutuhkan karena kita pada dasarnya adalah negara maritim yang bertetangga di sepanjang Samudera Hindia," kata Dubes terkait penguatan hubungan bilateral.

Terkait acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Colombage menyampaikan rasa bahagianya dapat menghadiri upacara pelantikan tersebut.

"Hari ini saya sangat bahagia dan saya kira ini adalah momen langka bagi saya untuk bisa menghadiri pelantikan Presiden baru dan Wakil Presiden baru," demikian Dubes.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Baca juga: Prabowo panggil calon menteri untuk diumumkan malam ini