Kudus (ANTARA) - Rendy Varera Sanjaya keluar menjuarai kelas utama men elite pada kejuaraan balap sepeda 76 Indonesian Downhill 2024 seri kedua di Ternadi Bike Park Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu.

Pembalap Dayu Racing Team itu membukukan waktu 4 menit 03,309 detik atau unggul 7 detik di atas Azhar Shalman Alparishi dari One Bike Team yang menempati posisi kedua, final run pada Minggu siang tadi.

Posisi ketiga ditempati D-One Factory Agung Prio Apriliano dengan catatan waktu 04.11.531, sedangkan Hildan Afosma Katana dari Spartan Racing Team dan FX Elneno Christian dari Polair DH Team menduduki urutan keempat dan kelima.

"Saya bersyukur masih bisa menjadi yang tercepat, mengingat lintasan basah setelah diguyur hujan sehingga sangat berbeda dengan sesi 'seeding run' yang lintasannya cukup kering," kata Rendy usai penyerahan medali di Ternadi Bike Park Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Rendy yang juga pada 2023 mengungkapkan melihat kondisi lintasan melalui video streaming.

"Semoga ke depan juga bisa mempertahankan performa bagus di seri terakhir dan bisa menjadi juara umum nasional tahun ini," kata dia.

Baca juga: Indonesian Downhill 2022 seri dua Kudus diikuti 137 peserta

Atlet asal Kediri itu mengakui trek Ternadi Bike Park memang sangat menantang dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut (dpl) pada titik start dan 600 meter dpl pada garis finis.

Kemenangan ini membuat Rendy mendapatkan poin tambahan 300 poin untuk menyalip Andy Prayoga dari pemuncak standing point kategori Men Elite dengan total 390 poin.

Untuk women elit, Milatul Khaqimah dari Sego Anget Racing Team menjadi juara setelah membukukan waktu 4 menit 45,091 detik.

Agnes C Wuisan dari 76Rider mengapresiasi antusiasme dan semangat pantang menyerah yang ditunjukkan semua pebalap 76 Indonesian Downhill 2024.

"Seri kedua di Ternadi Bike Park tahun ini luar biasa menantang. Memaksa para downhiller untuk mengeluarkan skill dan performance yang paling maksimal. Meskipun sempat ada hujan, tapi tidak mengurangi tekad mereka untuk tetap kompetitif dan menjadi yang terbaik," ujarnya.

Usai seri kedua di Ternadi Bike Park, 76 Indonesian Downhill akan menyelesaikan putaran terakhirnya di Klemuk Bike Park, Batu, Jawa Timur pada 8-10 November 2024.

Baca juga: Ternadi Bike Park lokasi seri pamungkas 76 Indonesian Downhill 2022