Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad P. Bolombo berharap ke depan tidak ada lagi desa tertinggal di Indonesia.

La Ode dalam keterangannya diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan hal itu bisa tercapai dengan adanya kolaborasi yang baik dari semua pihak sehingga semakin banyak desa yang naik status menjadi desa maju dan mandiri.

"Bukan hanya tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, tetapi semua instansi terkait, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pariwisata, semua bermuara di desa," tutur La Ode.

Oleh karena itu, Dirjen Bina Pemdes mengajak semua pihak, baik dari dinas terkait, pemerintah daerah, maupun masyarakat, untuk bersama-sama membangun desa.

Dengan dukungan yang kompak dari seluruh elemen, La Ode optimistis bahwa pembangunan desa akan terus berlanjut dan semakin banyak desa yang maju, mandiri, dan sejahtera, serta bahagia.

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes: Sinergi antarpihak kunci memajukan desa

Dengan dukungan yang kompak dari seluruh elemen, La Ode yakin pembangunan desa akan terus berlanjut dan semakin banyak desa yang maju, mandiri, sejahtera, dan bahagia di tanah air.

La Ode menyampaikan hal itu saat Penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Provinsi Sumatera Utara di Kota Medan, Sabtu (19/10).

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa sejak tahun 2014, pemerintah telah konsisten dalam membangun desa, mulai dari lahirnya Undang-Undang Desa hingga adanya anggaran dana desa yang mencapai ratusan triliun rupiah.

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes ajak aparatur desa bikin kemajuan di desa

"Tidak hanya itu, kini dengan adanya pelatihan P3PD dan diluncurkan platform digital LMS diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur desa agar perencanaan dan pembangunan desa jauh lebih baik," ucap La Ode.

Di sisi lain, Dirjen Bina Pemdes juga menekankan pentingnya inovasi di desa, pemetaan potensi desa, pemahaman literasi, dan etika digital bagi pengurus kelembagaan desa. Menurut dia, keempat poin itu menjadi hal yang penting untuk desa.

"Kalau desa maju, Indonesia maju, desa yang menyala akan membawa bangsa ini menjadi lebih baik," tambahnya.

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes dorong aparatur desa ciptakan desa bahagia
Baca juga: Dirjen Bina Pemdes: P3PD untuk majukan desa-cegah urbanisasi