Jakarta (ANTARA) - PSS Sleman meninggalkan dasar klasemen Liga 1 setelah membungkam tuan rumah Barito Putera 3-0 pada pertandingan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu.

Laskar Sembada naik ke posisi ke-16 dengan koleksi lima poin, sedangkan Barito tetap posisi ke-13 dengan delapan poin.

Baik Barito Putera maupun PSS menampilkan permainan terbuka sejak awal laga, sampai PSS memecah kebuntuan pada menit kedelapan.

Diawali pergerakan mantan pemain Barito, Gustavo Tocantins, yang melesat di sisi kiri bekas timnya tersebut, bola diteruskan ke dalam kotak penalti.

Hokky Caraka menerima bola tanpa kawalan dan kemudian sedikit mengontrolnya sebelum melepaskan tembakan akurat yang menembus gawang Satria Tama. 1-0 untuk PSS.

Baca juga: PSBS Biak akan tetap lakukan evaluasi meski amankan kemenangan

Barito berusaha membalas tapi sepakan salto Murilo Mendes melambung jauh di atas gawang PSS.

Elang Jawa menggandakan keunggulan pada menit ke-13 ketika tendangan bebas Roberto Filho membentur dinding pemain Barito untuk kemudian disergap Cleberson yang melesakkannya masuk gawang tuan rumah.

Gol itu sempat mendapat tinjauan VAR karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Namun kemudian wasit mengesahkan gol itu karena Cleberson tidak offside.

Lini belakang PSS sempat terganggu karena bek veteran Fachrudin Aryanto ditarik keluar lapangan akibat pelipis sobek. Ia digantikan pemain muda Achmad Figo Ramadani pada menit ke-24.

Menjelang turun minum, PSS mendapat dua peluang bagus untuk memperbesar keunggulan. Pertama dari Hokky yang tembakan lemahnya ditangkap kiper Barito dengan mudah, serta tembakan Danilo yang membentur tiang kiri gawang tuan rumah.

Baca juga: Persik berambisi perbaiki catatan ketika tampil di Stadion Brawijaya

Asa Barito untuk mendapatkan minimal satu poin sempat menyala saat Lucas Morelatto memanfaatkan tendangan sudut untuk mencetak gol. Namun setelah ditinjau wasit, gol itu tidak disahkan karena ia dalam posisi offside.

Di tengah upaya keras Barito mengejar ketertinggalan, justru gawang mereka kembali kemasukan pada menit ke-60.

Pemain pengganti, Muhammad Firly, melakukan kekeliruan saat mengoperkan bola ke sisi belakang. Bola kemudian direbut Hokky yang menyodorkannya kepada Gustavo Tocantins untuk dikonversi menjadi gol. 3-0 untuk PSS.

Itu gol perdana Gustavo Contantins dalam Liga 1 musim ini.

Baca juga: Eduardo Almeida akan perbaiki situasi bola mati Semen Padang

Susunan pemain:

Barito Putera:
Satria Tama, Chi Sung Moon, Lucas Gama Moreira, Aditiya Daffa, Yuswanto Aditya, Jesus Maria Meneses Sabater, Levy Clement Madinda, Murilo Otavio Mendes, Lucas Morelatto Da Cruz, Rizky Pora, Eksel Timothy
Pelatih: Rahmad Darmawan

PSS Sleman: Alan Jose Bernardon, Dominikus Dion Oktawiawan Wibowo, Cleberson Martins, Fachrudin Ariyanto, Kevin Gomes De Oliveira, Ifan Nanda Pratama, Chang Ji Moon, Danilo Almeida, Roberto Filho, Gustavo Tocantins, Hokky Caraka
Pelatih: Ansyari Lubis