Tokyo (ANTARA) - Warga Jepang turut meramaikan Indonesia-Japan Friendship Festival (IJFF) 2024 di Yoyogi Park, Tokyo, salah satunya untuk mempelajari budaya Indonesia.

Salah seorang warga Jepang, Kai, adalah salah satu di antaranya yang pertama kali datang ke gelaran tahunan itu.

“Saya datang untuk mempelajari budaya dan kebiasaan di Indonesia,” kata Kai yang berasal dari Prefektur Fukuoka itu.

Ia mengaku tidak mau melewatkan kesempatan untuk datang ke gelaran yang diadakan selama dua hari itu, yakni 19-20 Oktober 2024.

Indonesia-Japan Friendship Festival tahun ini menyuguhkan berbagai pertunjukan seni budaya dari kedua negara, mulai dari kesenian tradisional Indonesia, seperti angklung, gamelan, tari, hingga mendatangkan musisi kenamaan seperti Balawan and Batuan Ethnic Fushion dan J-Rocks.

Sementara itu, Jepang juga menghadirkan berbagai seniman, seperti Tokyo Lagu-lagu Kai, Ryukyukoku Matsuri Daiko, Sukiyaki dan lainnya.

Selain itu, berbagai gerai baik itu makanan, minuman, layanan sosial serta berbagai perusahaan, termasuk BUMN yang ada di Tokyo juga hadir dalam festival tersebut.

“Saya suka acara Garuda Indonesia. Kebetulan saya memakai kaos Garuda, jadi saya bisa berbicara akrab dengan staf,” kata Kai.

Setelah mengunjungi festival itu, Kai mengatakan ingin berkunjung ke Indonesia terutama ke Pulau Bali.

Begitu pula dengan Nobu asal Prefektur Saitama yang hadir bersama keluarganya.

Tidak seperti orang Jepang pada umumnya yang mengincar Bali, Nobu mengaku ingin pergi ke provinsi paling barat di Indonesia, yakni Provinsi Aceh.

“Saya ingin pergi ke Aceh,” ujar Nobu.

Keduanya mengatakan akan datang lagi ke IJFF tahun depan dengan mengajak rekan-rekan dan keluarga.

“Tidak hanya teman, saya juga ingin mengajak rekan kerja untuk ikut serta,” kata Kai.

Tidak ketinggalan, warga Indonesia, Arini juga mengajak suaminya warga Jepang, Kazuki untuk menikmati suasana Indonesia di pusat kota Tokyo itu.

Arini mengaku datang ke IJFF 2024 dapat mengobati kerinduan akan masakan dan suasana di Tanah Air.

“Karena udah lama enggak merasakan suasana Indonesia, jadi seru aja. kalau sama orang Jepang kita konnichiwa-konnichiwa aja, tapi kalau sama orang Indonesia enggak kenal tapi kita enggak kenal aja tatap muka berasa balik ke rumah,” katanya.

Kazuki juga mengajak masyarakat Indonesia maupun Jepang untuk datang ke acara tersebut.

“Karena di sini banyak orang-orang Indonesia, ada makanan juga, mari datang ke acara ini,” katanya.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi juga mengajak warga Indonesia dan warga asing lainnya untuk datang ke IJFF 2024.

“Manfaatkanlah festival persahabatan Indonesia Jepang ini untuk berkumpul juga mengajak teman-teman Jepang juga bersama menikmati makanan, menikmati musik, kesenian dan sambil mempererat persahabatan di antara kawan-kawan semuanya,” katanya.

Baca juga: Dubes Jepang harapkan peningkatan hubungan dengan pemerintah baru RI
Baca juga: Seniman Indonesia-Jepang berbaur dalam Festival Indonesia 2024