Jakarta (ANTARA) - Prabowo Subianto yang pada Minggu, 20 Oktober 2024, dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia, bercerita bahwa angka 8 selalu muncul dalam kehidupannya dan membawa makna mendalam untuk dirinya.

Kebetulan-kebetulan tersebut membuat Prabowo selalu dipanggil "08" semenjak memperoleh pangkat Kapten di kesatuan TNI Angkatan Darat.

Berbagai hal dalam kehidupan memungkinkan memiliki maknanya tersendiri, bahkan angka yang biasa digunakan untuk perhitungan ternyata dipercaya bisa membawa nasib baik atau buruk, salah satunya seperti angka 8. Apa arti makna di balik angka 8?

Filosofi angka 8

Berdasarkan berbagai kepercayaan, angka 8 memiliki filosofi mendalam yang dapat dikaitkan dalam kehidupan seseorang.

Seperti menurut budaya Jawa, angka 8 atau dalam bahasa jawa disebut "Wolu" memiliki makna yaitu "Asta" artinya kebajikan, "Manggala" artinya terhormat atau pembesar, "Salira" artinya bentuk atau wujud, dan "Naga" artinya simbol kewibawaan.

Baca juga: Makna balutan busana adat Ujung Serong di pelantikan Prabowo-Gibran

Baca juga: Naik Maung Garuda, Prabowo sapa warga di Bundaran HI

Kemudian dalam primbon Jawa, angka 8 menyerupai lengkungan lingkaran tak ada ujungnya ini, dipercayai memiliki makna keberuntungan dan kebaikan yang tak terputus. Sehingga angka ini diyakini sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan.

Primbon Jawa menafsirkan kepercayaan hal-hal baik lainnya terhadap angka 8 ini, seperti pembawa kekuatan dan keseimbangan yang mampu menghadapi berbagai masalah, memiliki ambisi yang kuat, dan bersifat tegas.

Tidak saja menurut budaya Jawa saja, bahkan menurut Feng Shui, kepercayaan tradisional Tionghoa, angka 8 juga dianggap sebagai angka pembawa pengaruh yang sangat menguntungkan.

Dalam dunia Feng Shui, angka 8 disebut "Bintang Kekayaan" yang artinya membawa keberuntungan yang istimewa.

Pengucapan angka 8 dalam bahasa Mandarin yang menggunakan kata ("ba") dengan nada pengucapan yang mirip kata "fa" memiliki arti makmur atau kaya. Oleh karena itu, angka ini sering dikaitkan dengan hoki, kesuksesan finansial, dan kejayaan dalam karier.

Budaya Hindu juga mempercayai nasib baik terhadap angka 8. Angka 8 dianggap sebagai simbol kesuksesan, kemakmuran, dan keberuntungan menurut ilmu numerologi Hindu.

Bahkan orang-orang India ketika ingin memutuskan tanggal pernikahan, nama anak, atau hal lainnya, kerap mengaitkan angka 8 di dalamnya.

Selain India, budaya orang Jepang terkait angka 8 juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan yang sangat kuat. Angka ini disebut "hachi" dan dipercaya sebagai angka yang membawa keberuntungan.

Dalam kehidupan sehari-hari seperti bisnis bahkan nomor telepon dan nomor rumah orang Jepang sering mereka gunakan agar memberikan keberuntungan.

Itulah filosofi dari angka 8 menurut berbagai kepercayaan. Angka tersebut ternyata memiliki makna yang kaya dan secara keseluruhan dipercaya dengan pembawa hal-hal baik dalam kehidupan seseorang.


Baca juga: Presiden Prabowo lepas Jokowi pulang ke Solo

Baca juga: Presiden China Xi Jinping telepon Prabowo Subianto, ucapkan selamat

Baca juga: Komeng: Prabowo betul-betul ingin menyatukan semua pihak