Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping melalui sambungan telepon menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia.

"Pada 20 Oktober 2024, Presiden Xi Jinping menelepon Prabowo Subianto untuk mengucapkan selamat atas pelantikannya sebagai Presiden Indonesia," menurut pernyataan di laman Kementerian Luar Negeri China, yang diakses pada Minggu.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

"Presiden Xi Jinping menyatakan bahwa China dan Indonesia adalah tetangga yang bersahabat secara tradisional," menurut pernyataan tersebut.

Hubungan kemitraan strategis komprehensif antara China-Indonesia, dinilai terus meningkat secara stabil dan telah memasuki tahap baru dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama.

Kemlu China menyebutkan bahwa 2025 menandai 75 hubungan diplomatik antara China dan Indonesia, yang diharapkan akan memunculkan peluang-peluang baru untuk memajukan kerja sama bilateral.

"Saya ingin dapat menjaga komunikasi strategis yang erat dengan Presiden Prabowo," kata Presiden Xi, seperti dikutip dalam keterangan tersebut.

Xi juga disebut berniat untuk memimpin pembangunan komunitas masa depan bersama antara China dan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

Ia juga menginginkan kedua negara memasuki babak baru dalam kerja sama yang saling menguntungkan serta menjalin persatuan yang kuat di antara negara-negara berkembang.

Pelantikan Prabowo sebagai presiden disaksikan oleh sebanyak 709 dari 731 anggota MPR RI.

Prosesi itu juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat. Sedikitnya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang menghadiri acara pelantikan.

Di antara perwakilan negara sahabat, hadir pula Wakil Presiden China Han Zheng yang pada Sabtu (19/10) malam bertemu dengan Presiden ke-7 Joko Widodo di Istana Merdeka.

Wapres Han Zheng juga menyampaikan bahwa dirinya ditugaskan Presiden Xi untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Presiden China Han Zheng ke Indonesia untuk menghadiri acara pelantikan tersebut.

“Terima kasih atas kunjungannya menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. Ini memastikan kemitraan yang kuat antarkedua negara,” ujar Jokowi.

Baca juga: Luhut: China berharap Prabowo berkunjung setelah resmi jadi presiden

Baca juga: Menlu Wang Yi: China dukung Indonesia mainkan peran negara besar


Xi Jinping gelar pembicaraan dengan Prabowo di Beijing