Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan akan kembali ke dunia kampus usai tak lagi menjabat sebagai menteri.

"Pokoknya karena saya orang kampus, ya tentunya akan kembali ke kampus," ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, usai pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, pengumuman nama-nama menteri kabinet pemerintahan yang baru akan dilakukan pada Minggu malam.

Jika susunan kabinet itu diumumkan nanti malam, maka calon menteri-menteri bakal langsung dilantik sebagai menteri pada Senin pagi, sementara untuk para wakil menteri akan dilantik pada Senin sore hari.

Seiring dengan diumumkan serta pelantikannya, maka tugas Muhadjir sebagai Menko PMK purna sudah. Muhadjir bercerita meski akan kembali kampus, ia harus kembali beradaptasi dengan dunia akademik.

Apalagi sejak menjabat sebagai menteri, baik Menteri Pendidikan maupun Menko PMK, ia sudah tidak banyak mengajar.

"Saat jadi menteri saya total hanya membimbing disertasi saja, itu pun satu dua. Oleh karena itu saya harus mulai merekonstruksi mind set saya sebagai seorang pengajar," ujar Guru Besar Universitas Negeri Malang tersebut.

Di samping akan berkiprah di bidang akademik, Muhadjir Effendy juga diketahui akan mengurusi tambang yang sebelumnya diberikan izin konsesi oleh pemerintah. Muhadjir ditunjuk oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai Ketua Tim Pengelola Tambang.

Dalam struktur kepengurusan PP Muhammadiyah, Muhadjir Effendy menjabat sebagai ketua bidang ekonomi, bisnis, dan industri halal.

Baca juga: Muhammadiyah bentuk badan usaha kelola ragam tambang
Baca juga: Muhadjir sebut pidato Jokowi bikin haru jajaran kabinet
Baca juga: Muhadjir yakin Prabowo akan lanjutkan program-program di Kemenko PMK