Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis menyampaikan harapannya agar hubungan perdagangan Irlandia dengan Indonesia pada masa pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto semakin erat.

"Hubungan bilateral Irlandia dan Indonesia selama ini sudah terjalin dengan baik. Saya berharap hubungan kedua negara, terutama perdagangan, ke depannya semakin erat," kata Dubes Francis usai menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Minggu.

Dia mengaku merasa terhormat untuk dapat menghadiri pelantikan presiden beserta wakilnya. "Saya mendoakan yang terbaik untuk Presiden dan seluruh tim atas tugas yang sangat penting untuk Indonesia di masa mendatang," katanya.

Selain itu, Francis juga menyampaikan harapannya bagi kerja sama kedua negara di bidang pendidikan. "Dan semoga lebih banyak pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Irlandia," ujar dia.

Baca juga: Dubes Hongaria dorong kerja sama perdagangan dengan pemerintah baru RI

Puluhan delegasi dari negara-negara sahabat menghadiri upacara pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Minggu.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dengan masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI juga dihadiri para tokoh nasional dan pimpinan partai politik.

Baca juga: Dubes Jepang harapkan peningkatan hubungan dengan pemerintah baru RI