Jakarta (ANTARA) - Presiden Prabowo Subianto menyapa warga dengan melambaikan tangan dari atas kendaraan Maung Garuda saat melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu siang.

Prabowo Subianto menyapa warga usai pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan bersama Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Prabowo menggunakan kendaraan buatan PT Pindad berwarna putih berpelat "Indonesia 1" bersama iring-iringan pejabat dan tamu negara yang hadir di Gedung Parlemen menuju Istana Merdeka.

Warga yang berada di Bundaran HI menyambut kedatangan Prabowo dengan bersorak meski di bawah terik matahari di siang hari.

Baca juga: Terik matahari, warga antusias saksikan pelantikan Prabowo-Gibran

Usai menyambut Prabowo, ratusan warga secara berangsur membubarkan diri, namun ada beberapa warga masih berada di Bundaran HI untuk menyaksikan hiburan di panggung hiburan yang telah disediakan.
PT Pindad menamakan Maung khusus itu dengan MV3 Garuda Limousine.

Maung adalah kendaraan taktis ringan 4x4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit.

Berdasarkan situs resmi Pindad, Maung didesain untuk memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi.

Baca juga: Jokowi lambaikan tangan ke warga saat melintasi Bundaran HI
SUV tangguh ini memiliki kecepatan aman 120 kilometer (km) per jam, transmisi manual 6-percepatan dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Mobil berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 kg yang dapat dimodifikasi untuk berbagai keperluan. Namun, Maung yang dipakai Prabowo ini telah dimodifikasi bergaya Eropa dengan velg chrome. Di bagian belakang, terdapat logo "GARUDA".