Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas berharap kepemimpinan Presiden RI masa bakti 2024–2029 Prabowo Subianto dapat berjalan dengan baik dan menuntaskan segala harapan masyarakat.

“Kami berharap agar kepemimpinan Pak Prabowo berjalan dengan baik, dapat menuntaskan segala harapan masyarakat, menjalankan visi dan misi keduanya, sehingga negara kita lebih maju dan lebih sejahtera secara keseluruhan,” kata Ibas saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu.

Ibas juga berharap fondasi yang telah ditanamkan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo serta presiden terdahulu dapat dilanjutkan oleh Prabowo.

Menurut dia, karya bakti para pemimpin RI menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bangsa.

“Kami juga berharap agar tantangan bangsa ke depan dapat dipecahkan dan diberikan solusinya. Itu juga saya yakin merupakan harapan masyarakat luas,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ibas menyebut pemerintahan Prabowo ke depan perlu menuntaskan permasalahan kemiskinan dan pengangguran, sekaligus senantiasa menciptakan kebersamaan dalam perbedaan.

“Tentunya saya juga berharap demokrasi yang berjalan ke depan mendapatkan ruang yang tentu tetap sesuai dengan etika,” sambung dia.

Menurut Ibas, demokrasi yang berjalan sesuai etika perlu agar masukan dan kritik yang disertai solusi dapat terus terdengar. Hal ini untuk memperkuat kepemimpinan Presiden Prabowo, sehingga tantangan dan isu yang belum tuntas dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024–2029 usai mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Dengan berbalut setelan jas dan kain tradisional Betawi, Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah jabatan itu secara lancar di bawah kitab suci Al-Qur'an.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," kata Prabowo membacakan sumpahnya.

Gibran pun mengucapkan sumpahnya sebagai Wakil Presiden RI. Setelah itu, keduanya menandatangani Berita Acara Pelantikan.

Sebanyak 709 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI itu juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Baca juga: Puan: Semangat Presiden Prabowo harus kita dukung bersama
Baca juga: Prabowo tiba di Istana dengan mobil Garuda putih berpelat Indonesia-1
Baca juga: Pidato lengkap Presiden RI Prabowo Subianto