Medan (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan meraih predikat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 1936/SK/BAN-PT/AK/PT/X/2024 yang diterbitkan pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati di Medan, Minggu, mengatakan dicapainya akreditasi unggul tersebut harus menjadi motivasi untuk bisa tampil lebih baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi Islam di Sumut, khususnya dan di Indonesia serta ASEAN pada umumnya.

Baca juga: UINSU Medan raih penghargaan Paritrana Award 2024

Rektor menceritakan, upaya peraihan unggul tersebut dimulai sejak lama dan dilalui penuh dengan perjuangan tahap demi tahap.

Di antaranya di awali meraih akreditasi unggul di tingkat prodi-prodi di fakultas-fakultas, perbaikan sarana prasarana, peningkatan kualitas kurikulum pembelajaran, kualitas pelayanan pendidikan, digitalisasi, peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama dalam dan luar negeri dan elemen lain yang diperlukan dalam memenuhi sembilan indikator penilaian akreditasi perguruan tinggi.

Semua fakultas, unit serta lembaga, jelas rektor, digerakkan sedemikian rupa dan secara optimal untuk menaikkan kinerjanya.

Di tandai dengan bertambahnya prodi yang meraih unggul, termasuk untuk prodi studi doktoral, Klinik Pratama UINSU yang baru-baru ini meraih akreditasi paripurna, peningkatan sarana sarana dan fasilitas hingga berbagai kerja sama kelembagaan dalam nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (MoA) berhasil dijalin baik dengan sesama lembaga pendidikan tinggi, pemerintah daerah dan mitra perusahaan sebagai stakeholder akan keberadaan UINSU berdiri sejak 1973 ini.

Berbagai usaha tersebut, lanjut dia, berpuncak pada asesmen lapangan dari BAN-PT yang digelar di Kampus IV UINSU Durin Jangak, Tuntungan, Kota Medan pada 11-13 Oktober lalu. Ditandai dengan datangnya lima asesor nasional dari BAN-PT yang juga para guru besar dari berbagai kampus kenamaan di Indonesia.

Baca juga: UINSU terima 5 ton kurma persahabatan dari UEA

"Proses tersebut alhamdulillah berjalan dengan lancar dan terukur. Berselang sekitar seminggu, akhirnya BAN-PT menerbitkan SK sebagai tanda ketetapan peraihan unggul oleh UINSU Medan," katanya.

Atas pencapaian besar dan prestisius itu, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim borang akreditasi, panitia asesmen lapangan, seluruh sivitas akademika UINSU, para alumni dan keluarga besar kampus Islam ini yang turut mendukung kampus demi terwujudkan target besar ini.

Ia mengarahkan, agar dengan pencapaian itu dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan dalam gerakan pendidikan di UINSU ke depannya serta memotivasi untuk bisa tampil lebih baik dalam segala sisi di masa mendatang.

Akreditasi tersebut, selain untuk peningkatan mutu lembaga, juga begitu penting bagi mahasiswa dan lulusan, di antaranya untuk meneruskan karier di dunia kerja dan industri di masa mendatang.

Pencapaian itu juga merupakan titik awal untuk selanjutnya terus meningkatkan kualitas UINSU mulai dari Akreditasi Internasional, pendirian Fakultas Kedokteran, peningkatan rekognisi internasional dan lainnya.

"Dengan pencapaian akreditasi unggul itu diharapkan juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UINSU Medan sebagai lembaga pendidikan tinggi keislaman yang kredibel dan bergengsi bagi anak-anak dan generasi muda bangsa. Akreditasi unggul ini, juga bentuk tanggung jawab pengelolaan kampus yang baik untuk masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Baca juga: UINSU-Komisi VIII DPR bahas kemajuan perguruan tinggi naungan Kemenag