Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Prabowo Subianto memastikan seluruh bantuan dan subsidi dari pemerintah RI untuk masyarakat kelas bawah sampai tepat sasaran di bawah kepemimpinannya.

"Saudara-saudara sekalian, semua subsidi, bantuan kepada rakyat kita yang masih dalam keadaan susah harus kita yakin bahwa subsidi-subsidi itu sampai kepada mereka yang membutuhkan," kata Prabowo dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu.

Prabowo menegaskan bahwa pemerintah RI akan berani dalam meneliti dan menindak alur bantuan dan subsidi supaya lebih tepat sasaran.

"Kalau perlu, kita ubah subsidi itu harus kepada langsung keluarga-keluarga yang membutuhkan itu," kata Presiden Prabowo.

Dengan teknologi dan digitalisasi yang akan diterapkan nanti, Prabowo optimistis subsidi dan bantuan akan sampai kepada setiap keluarga yang membutuhkan.

"Tidak boleh aliran-aliran bantuan itu tidak sampai kepada mereka yang membutuhkan itu," tegasnya.

Baca juga: Prabowo optimistis Indonesia mampu lakukan swasembada energi di eranya
Baca juga: Prabowo gaungkan keberanian atasi masalah dan tantangan Indonesia


Prabowo juga memastikan anak-anak Indonesia bisa makan bergizi minimal satu kali setiap harinya melalui Program Makan Bergizi Gratis.

"Itu akan kita lakukan, dan itu bisa kita lakukan, saudara-saudara sekalian," tegasnya.

Prabowo juga menjamin pemerintahannya akan melindungi masyarakat yang lemah demi mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat Indonesia yang sejati dan sebenar-benarnya.

"Kita harus melakukan hilirisasi kepada semua komunitas yang kita miliki. Nilai tambah dari semua komunitas itu harus menambah kekuatan ekonomi kita sehingga rakyat kita bisa mencapai tingkat hidup yang sejahtera," tutur Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024—2029 dalam kesempatan tersebut.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.