Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan secara rutin melakukan pengasapan dan penyemprotan di gudang penyimpanan logistik Pilkada 2024 sebagai upaya mencegah kerusakan dari gangguan serangga maupun hewan pengerat.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Murtadho di Batang, Minggu, mengatakan bahwa penyemprotan maupun pengasapan ini dilakukan secara rutin sejak sebelum hingga logistik Pilkada 2024 diterima oleh KPU setempat.

"Penyemprotan maupun pengasapan kami lakukan untuk menjaga agar logistik terhindar dari gangguan serangga maupun hewan pengerat yang dikhawatirkan dapat merusak kualitas logistik," katanya.

Menurut dia, pengasapan dan penyemprotan perlu dilakukan karena lokasi gudang berada bersebelahan dengan persawahan.

Apalagi saat ini, kata dia, sejumlah areal persawahan di sekitar gudang logistik baru dipanen sehingga rawan serangga yang masuk ke gudang penyimpanan logistik.

"Semua sisi lokasi bangunan kami lakukan pengasapan. Demikian pula, barang logistik juga kami lindungi dengan menggunakan terpal," katanya.

Epidemiolog Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Suwandi mengatakan kehadiran petugas pengasapan ini atas permintaan KPU untuk mengantisipasi munculnya serangga yang dikhawatirkan merusak logistik pilkada.

"Dosisnya (cairan obat) sudah disesuaikan sehingga tidak mengganggu kesehatan orang yang berada di sekitarnya. Kami akan rutin melakukan pengasapan maupun penyemprotan apabila ada permintaan dari KPU," katanya.