Jakarta (ANTARA) - Sushi dan sashimi merupakan dua hidangan khas Jepang yang semakin populer di Indonesia. Meskipun tampak sederhana, cara menyantapnya memiliki keunikan tersendiri yang dapat meningkatkan pengalaman kuliner Anda.

Saat setiap memesan sushi, Anda akan diberikan sumpit beserta pelengkap seperti kecap asin, wasabi, dan gari (acar jahe). Orang Jepang memiliki cara dan urutan tertentu dalam menikmati sushi. Mengikuti cara makan yang tepat dapat meningkatkan kenikmatan rasa sushi.

Meskipun restoran Jepang semakin marak di Indonesia, banyak masyarakat yang belum memahami cara menyantap hidangan Jepang, seperti sushi dan sashimi. Banyak yang beranggapan bahwa cara makan sushi dan sashimi hanya dengan merendamnya dalam shoyu dan wasabi.

Namun, pandangan ini tidak sepenuhnya tepat. Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, artikel ini akan membahas dasar-dasar yang perlu diketahui tentang cara menikmati sushi dan sashimi dengan benar. Dengan demikian, simak ulasannya berikut ini.

Cara menikmati sushi dan sashimi dengan benar

1. Menyiapkan perlengkapan makan


Sebelum menikmati sushi dan sashimi, siapkan perlengkapan makan seperti sumpit, piring kecil, dan mangkuk untuk kecap asin. Pastikan juga untuk memiliki wasabi, jahe, dan kecap asin sebagai pelengkap. Perlu dicatat, hindari mencampurkan shoyu dan wasabi, karena nantinya dapat menghilangkan aroma khas dari wasabi.

2. Menggunakan sumpit dengan benar

Saat menggunakan sumpit, pegang di bagian atas dengan jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan jari manis dapat digunakan untuk menopang bagian bawah sumpit. Ini akan membantu Anda mengambil sushi atau sashimi dengan lebih mudah.

3. Menikmati sushi

Untuk sushi, biasanya disajikan dalam bentuk gulungan yang telah dipotong. Ambil sushi dengan sumpit dan celupkan bagian ikan atau nori ke dalam kecap asin, bukan nasi. Ini untuk menjaga nasi tetap utuh dan tidak terlalu lembek. Tambahkan sedikit wasabi di atas ikan jika Anda menyukai rasa pedas.

4. Menikmati sashimi

Sashimi adalah irisan ikan segar yang disajikan tanpa nasi. Ambil sepotong sashimi dengan sumpit dan celupkan ke dalam kecap asin, lalu tambahkan sedikit wasabi sesuai selera. Makan sashimi dengan cepat setelah dicelupkan agar kesegaran dan rasa ikan tetap terjaga.

5. Menggunakan jahe sebagai penyegar

Jahe yang disajikan di samping sushi dan sashimi berfungsi sebagai penyegar mulut. Setelah menyantap sushi atau sashimi, kunyahlah sepotong jahe untuk menetralkan rasa sebelum mencoba hidangan lainnya.

6. Menikmati dengan santai

Makan sushi dan sashimi sebaiknya dilakukan dengan santai. Nikmati setiap gigitan dan rasakan perpaduan rasa yang unik dari bahan-bahan segar yang digunakan.

Dengan mengikuti cara makan ala masyarakat Jepang ini, Anda dapat menikmati sushi dan sashimi dengan cara yang tepat, sekaligus menghormati tradisi kuliner Jepang.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis sushi yang populer

Baca juga: Menyantap hidangan khas Jepang di restoran Sansho Hotel Kimaya Slipi

Baca juga: Genki sushi hadirkan hidangan Ramadhan rasa Jepang dan Indonesia