Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich kembali merebut pucuk klasemen Liga Jerman yang sempat diduduki RB Leipzig, setelah mereka menghancurkan VfB Stuttgart dengan kemenangan 4-0 di Allianz Arena, Munich, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Penyerang Inggris, Harry Kane, mengakhiri puasa empat laga tanpa golnya untuk membantu Bayern menang, ketika ia mengukir trigol untuk mengamankan kemenangan kelima tim Bavaria itu di liga domestik musim ini.

“Ini merupakan pertandingan penting bagi kami untuk melalui beberapa hasil buruk. Di sini, di depan para penggemar sendiri, kami meningkatkan level pada babak kedua. Inilah yang ingin kami lakukan, kami ingin membawa tim ke level yang tidak mampu mereka capat,” kata Kane kepada Sky Germany.

Bayern kini berada di puncak klasemen dengan 17 poin, unggul selisih gol atas Leipzig. Sedangkan Stuttgart tertahan di posisi kesembilan dengan koleksi sembilan poin.

Stuttgart sempat mampu meredam gempuran Bayern pada babak pertama, sebelum tuan rumah memecah kebuntuan melalui pergerakan Kane yang ditutup dengan mengecoh kiper Alexander Neubel.

Kane menggandakan keunggulan Bayern tiga menit berselang. Dengan sepakan cungkil untuk melewati kotak penalti yang ramai dan kembali gagal diantisipasi kiper Nuebel.

Kapten timnas Inggris Kane menyambar bola liar pada menit ke-80 untuk melengkapi trigolnya, yang sekaligus merupakan trigol keenamnya sebagai pemain Bayern dan gol ke-57 untuk raksasa Jerman itu di semua kompetisi.

Penyerang Prancis Kingsley Coman menambahi gol terakhir bagi Bayern pada menit terakhir untuk melengkapi kemenangan pasukan Vincent Kompany.

Sayangnya kemenangan Bayern harus diwarnai berita buruk, sebab Aleksandar Pavlovic mengalami patah tulang selangka pada laga ini. Ia dilaporkan akan harus menjalani operasi.

Pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Sabtu, gol-gol sumbangan Xavi Simons dan Willi Orban membawa Leipzig menang 2-0 atas Mainz.

Sedangkan juara bertahan Bayer Leverkusen membutuhkan gol Victor Boniface pada menit ke-72 untuk mengunci kemenangan 2-1 atas Eintracht Frankfurt.

Gol Boniface sekaligus menjadi pelipur lara, sebab ia sempat gagal ketika menjadi algojo penalti pada menit kesembilan. Sepakan pemain Nigeria itu dapat dengan mudah diantisipasi kiper Kevin Trapp.

Justru Frankfurt yang kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-16. Kali ini pelanggaran Robert Andrich kepada Omar Marmoush membuat wasit menunjuk titik putih. Marmoush sendiri yang menjadi eksekutor, dan sepakannya membawa tim tamu unggul 1-0.

Andrich menebus kesalahannya itu dengan memaksimalkan bola kerja sama satu-dua Martin Terrier dan mengemas gol penyama kedudukan pada menit ke-25.

Boniface kemudian membalikkan keadaan pada menit ke-72, saat ia menanduk bola umpan silang Florian Wirtz untuk menghasilkan gol sekaligus membawa tuan rumah mengunci kemenangan.

Pada pertandingan lain, Freiburg meneruskan start bagus mereka pada musim ini dengan raihan kemenangan 3-1 atas tamunya Augsburg.

Penyerang Borussia Moenchengladbach Tim Kleindienst mengukir dua gol beberapa hari setelah melakukan debutnya di timnas Jerman, untuk membawa timnya menang 3-2 atas Heidenheim.

Hoffenheim mendulang kemenangan keduanya di Liga Jerman musim ini, saat gol-gol Andrej Kramaric, Marius Buelter, dan Haris Tabakovic membawa mereka menang 3-1 atas tim juru kunci Bochum.


Baca juga: Boniface bawa Leverkusen raih poin penuh usai taklukkan Frankfurt, 2-1
Baca juga: Bungkam Mainz, RB Leipzig kudeta puncak klasemen dari Bayern Muenchen
Baca juga: Vincent Kompany enggan ubah gaya permainannya
Baca juga: Pelatih Frankfurt sebut punya 'senjata' untuk lukai Leverkusen