Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dalam sepekan terakhir, mulai dari calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto memanggil calon menteri dan wakil menterinya hingga wacana pertemuan Prabowo dan Megawati Soekarnoputri yang belum kunjung terealisasi.

Berikut sejumlah berita di ranah politik dalam sepekan terakhir untuk kembali Anda simak.

1. Prabowo undang 49 tokoh ke rumahnya

Sebanyak 49 tokoh yang disebut sebagai calon menteri diundang untuk bertemu calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto di rumahnya, Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Mereka dipanggil untuk ditempatkan di posisi pos kementerian yang telah dipersiapkan Prabowo. Para tokoh itu terdiri dari politisi, akademisi, hingga menteri era Presiden Joko Widodo.

Baca selengkapnya di sini.

2. Calon wamen-calon pejabat dipanggil Prabowo pada Selasa capai 58 orang

Calon wakil menteri atau calon pejabat yang dipanggil calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto pada hari Selasa (15/10) ke kediamannya, Kartanegara IV, Jakarta, berjumlah 58 orang.

Seluruh tokoh yang hadir itu terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari politikus, akademisi, pejabat pemerintah, purnawirawan TNI, purnawirawan Polri, tokoh agama, selebriti, hingga tokoh relawan.

Baca selengkapnya di sini.

3. Jokowi ucapkan terima kasih hingga minta maaf kepada jajaran kabinet

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih hingga meminta maaf kepada jajaran kabinet dalam acara jamuan makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini," kata Jokowi dalam pidatonya sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini.

4. Prabowo pastikan seluruh calon menterinya sanggup jalankan penugasan

Calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto memastikan calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan yang dia panggil ke kediamannya, Jakarta, Senin (14/10), sanggup menjalankan tugasnya di kabinet pemerintahan ke depan.

Prabowo dalam jumpa pers di depan gerbang kediamannya, menyebut dia sebetulnya telah cukup lama memantau para calon menterinya, berdiskusi, dan menyatakan keinginannya menjadikan mereka sebagai menteri, wakil menteri, dan kepala badan di pemerintahan ke depan.

Baca selengkapnya di sini.

5. Gerindra: Rencana pertemuan Prabowo-Megawati sebelum pelantikan batal

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa rencana pertemuan mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dengan calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto sebelum pelantikan, Minggu (20/10), batal diselenggarakan.

"Sepertinya begitu (batal, red.). Sampai dengan saat acara pelantikan, pertemuan itu masih tertunda," kata Muzani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Menurut Muzani, pertemuan tersebut belum bisa terselenggara karena kondisi Megawati yang kurang sehat. "Kami berdoa mudah-mudahan Ibu segera pulih kesehatannya, dan bisa segera menjalankan aktivitas-nya dengan baik lagi," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.