Jakarta (ANTARA) - Penyerang Victor Boniface membawa Bayer Leverkusen meraih poin penuh usai menaklukkan Frankfurt, 2-1 pada pertandingan ketujuh Liga Jerman yang berlangsung di Bay Arena, Leverkusen, Sabtu malam WIB.

Gol Boniface pada menit ke-72 menjadi penentu kemenangan Leverkusen yang sempat tertinggal terlebih dahulu di awal pertandingan.

Pertandingan baru berjalan satu menit, Granit Xhaka langsung memberikan teror ke gawang Frankfurt tapi tendangan kerasnya masih melenceng tipis dari gawang Kevin Trapp.

Di menit kelima, wasit menunjuk titik putih usai Junior Dina Ebimbe kedapatan menjatuhkan pemain Leverkusen di dalam kotak penalti. Boniface yang maju sebagai algojo gagal menaklukkan Trapp usai tendangan mendatar ke tengah gawang mampu dibaca oleh kiper berkebangsaan Jerman tersebut.

Pada menit ke-12, Frankfurt memperoleh kesempatan emas untuk unggul terlebih dahulu namun sepakan keras dari luar kotak penalti Omar Marmoush masih membentur mistar gawang Lukas Hradecky.

Tiga menit berselang, wasit menghadiahi Frankfurt penalti usai Marmoush dijatuhkan di dalam kotak penalti. Marmoush yang menjadi algojo dengan mudah menaklukkan Hradecky dengan mengirimkan tendangan mendatar ke sisi kiri gawang. Frankfurt unggul 1-0.

Dalam posisi tertinggal, Die Werkself langsung tancap gas menebar ancaman ke lini pertahanan Frankfurt. Di menit ke-23, Boniface menyambut umpan silang dengan sundulan langsung tapi usahanya masih bisa digagalkan dengan mudah oleh Trapp.

Baca juga: Gol Victor Boniface antarkan Bayer Leverkusen tekuk AC Milan 1-0

Dua menit berselang lewat skema umpan terobosan Martin Terrier, Robert Andrich memperoleh ruang di dalam kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang yang tak dapat dibendung Trapp. Skor imbang 1-1.

Pada menit ke-35, Andrich berkesempatan untuk mencatatkan kembali namanya di papan skor. Sayang tendangan keras dari luar kotak penaltinya masih melenceng tipis dari gawang Trapp.

Memasuki penghujung babak pertama, Frankfurt mempunyai peluang untuk unggul. Namun sontekan dari Hugo Ekitike yang merobek gawang Hradecky harus dianulir oleh wasit usai dirinya terperangkap offside. Hingga peluit babak pertama berakhir, skor imbang 1-1 bertahan.

Leverkusen langsung menunjukkan dominasi permainan sejak babak kedua dimulai dengan menguasai 57 persen penguasaan bola. Tapi Frankfurt menunjukkan pertahanan yang rapi untuk mengantisipasi pergerakan-pergerakan yang cair dari lini serang Leverkusen yang kerap memainkan umpan-umpan pendek.

Menit ke-63, Andrich kembali mengancam melalui tendangan dari luar kotak penalti, yang masih kurang beruntung usai bola mengenai tiang gawang Trapp.

Baca juga: Pelatih Frankfurt sebut punya 'senjata' untuk lukai Leverkusen
Baca juga: Jadwal Liga Jerman : Leverkusen yang bakal coba bendung Marmoush

Selanjutnya: Lima menit berselang
Lima menit berselang giliran Florian Wirtz yang melakukan pergerakan individu menembus area kotak penalti Frankfurt dan melepaskan tendangan mendatar yang dapat diantisipasi Trapp.

Terus menekan akhirnya Leverkusen mencatatkan gol pada menit ke-72. Melalui umpan silang, bola gagal diantisipasi dengan baik oleh lini pertahanan Frankfurt, Boniface yang tanpa penjagaan dengan mudah menyundul bola liar dan membawa Leverkusen unggul 2-1.

Dalam keadaan unggul, Leverkusen kini memperlambat tempo permainan dengan terus menjaga penguasaan bola dari pressing Frankfurt. Praktis selama 18 menit waktu tersisa, tak ada peluang yang membahayakan diciptakan oleh kedua tim.

Memasuki penghujung babak kedua, kesalahan komunikasi terjadi antara Hradecky dan Jonathan Tah. Sapuan bola Hradecky membentur badan Tah sehingga bola berbalik ke gawang, Ekitike yang mengejar bola langsung menyundul ke arah gawang namun masih bisa diantisipasi oleh Tah.

Di masa tambahan waktu, Wirtz sempat mengancam gawang Trapp usai lini bertahan Frankfurt sempat miskordinasi. Tapi sepakan kaki kiri Wirtz dimentahkan oleh Trapp yang berada dalam posisi yang tepat.

Hingga peluit babak kedua berakhir, Leverkusen menjaga keunggulan 2-1 atas Frankfurt. Tambahan tiga poin membuat Leverkusen kini untuk sementara berada di peringkat keempat dengan mengoleksi 14 poin, sedangkan Frankfurt turun ke posisi kelima dengan mengamankan 13 poin.

Susunan pemain:

Bayer Leverkusen (3-4-3) :
Lukas Hradecky (PG); Piero Hincipie, Jonathan Tah, Edmond Tapsoba; Alejandro Grimaldo, Granit Xhaka, Robert Andrich, Jeremie Frimpong; Florian Wirtz, Amine Adli, Victor Boniface.

Pelatih : Xabi Alonso
​​​​​​​
Frankfurt (4-4-2) : Kevin Trapp (PG); Rasmus Kristensen, Tuta, Robin Koch, Arthur Theate, Dina Ebimbe, Mario Gotze, Hugo Larsson, Niels Nkounkou; Omar Marmoush, Hugo Ekitike.

Pelatih : Dino Toppmoller
​​​​​​