Jakarta (ANTARA) - Bungkam Mainz dua gol tanpa balas, RB Leipzig mengkudeta puncak klasemen sementara Liga Jerman dari Bayern Muenchen.

Berstatus sebagai tim tamu, RB Leipzig menggondol tiga poin penuh usai menaklukkan Mainz, 2-0 pada pertandingan pekan ketujuh Liga Jerman yang berlangsung di Mewa Arena, Mainz, Sabtu malam WIB.

Bermain di kandang sendiri, Mainz menguasai tempo permainan selama 15 menit awal pertandingan. Sementara itu RB Leipzig bermain jauh lebih pragmatis dengan menunggu lawan dan melancarkan serangan lewat proses counter cepat.

Di menit ke-20 petaka terjadi di lini pertahanan Mainz usai Amadou Haidara melepaskan umpan pendek ke Xavi Simons yang dengan mudah melesatkan tendangan dari dalam kotak penalti dan menaklukkan penjaga gawang Robin Zentner. RB Leipzig unggul 1-0.

Dalam posisi tertinggal, Mainz mencoba melancarkan serangan yang bertumpu pada sektor sayap. Sepuluh menit berselang, sundulan dari Armindo Sieb masih belum mengancam pertahanan RB Leipzig usai Peter Gulasci dengan sigap mengamankan bola.

RB Leipzig kembali memperlebar keunggulan. Berawal dari skema tendangan sudut, Lois Openda melepaskan tendangan keras namun masih bisa ditepis Robin Zentner. Willi Orban yang menerima bola liar dengan mudah menceploskan bola ke gawang Zentner yang tanpa penjagaan. RB Leipzig kini unggul 2-0.

Dengan margin keunggulan dua gol, RB Leipzig menerapkan garis pertahanan rendah, sementara Mainz terus mencoba membongkar pertahanan lawan dengan memainkan sirkulasi bola-bola pendek.

Hingga peluit babak pertama berakhir, tidak ada lagi peluang gol yang tercipta. RB Leipzig menjaga keunggulan 2-0 di masa turun minum.

Baca juga: Bayern ditahan imbang Frankfurt, Leipzig amankan kemenangan tipis
Baca juga: Klasemen sementara Liga Jerman: Bayern dan Leipzig bersaing ketat

Selanjutnya: Di babak kedua
Di babak kedua, Xavi Simons kembali mengancam gawang Zentner ketika pertandingan memasuki menit ke-47. Namun tembakan dari Xavi Simons masih bisa dijangkau oleh Zentner dan hanya menghasilkan tendangan sudut untuk RB Leipzig.

Mainz begitu kesulitan membongkar rapatnya barisan RB Leipzig, praktis tim asuhan Bo Henriksen tersebut mengalami kebuntuan dan gagal melepaskan sejumlah tembakan di depan gawang Peter Gulasci.

Tercatat Mainz menguasai total 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen di pihak RB Leipzig. Namun dari segi tembakan RB Leipzig jauh lebih mengancam usai kerap mengekspos celah lini pertahanan Mainz melalui skema serangan balik.

Menit ke-68, Anthony Caci memperoleh kesempatan emas namun tendangan keras ke sisi kanannya masih bisa ditepis oleh Gulasci.

Lima menit berselang, RB Leipzig gantian mengancam gawang Mainz. Lewat pergerakan individu, Benjamin Sesko memperoleh ruang di dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan mendatar yang masih bisa diamankan Zentner.

Di menit ke-80, Nadim Amiri mendapatkan peluang emas lewat skema tendangan bebas. Tapi sepakan terukur Amiri dengan mudah ditangkap oleh Gulasci.

Hingga peluit akhir babak kedua ditiup, RB Leipzig menjaga keunggulan 2-0 dan mengamankan tiga poin penuh dari markas Mainz.

Hasil ini membuat tim asuhan Marco Rose tersebut menjadi pemuncak klasemen sementara dengan meraih 17 poin dari tujuh laga, menggeser Bayern Muenchen yang masih belum memainkan pertandingan ketujuh.

Susunan pemain:

Mainz (3-4-3) :
Robin Zentner (PG); Maxim Leitsch, Moritz Jenz, Anthony Caci; Phillip Mwene, Nadim Amiri, Kaishu Sano, Danny da Costa; Jae-sung Lee, Armindo Sieb, Jonathan Burkadt.

Pelatih : BO Henriksen

RB Leipzig (3-4-2-1) : Peter Gulasci (PG); Lukas Klostermann, Willi Orban, Castello Lukeba; Lutsharel Geertruida, Arthur Vermeeren, Amadou Haidara, Antonio Nusa; Xavi Simons, Lois Openda; Benjamin Sesko.

Pelatih : Marco Rose
​​​​