Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menyiapkan 71 posko siaga untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di area Sulselrabar.

General Manager PLN UID Sulselrabar Budiono, di Makassar, Sabtu, menegaskan selama masa siaga Pilkada 2024, PLN menyiagakan 2.317 personel yang tersebar di 71 posko siaga PLN.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pasokan distribusi listrik yang andal agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan listrik. Selain itu, untuk kenyamanan pengguna mobil listrik kami juga menyiapkan 30 SPKLU di 22 lokasi," ujarnya.

Menurut dia, jauh-jauh hari pihaknya telah melakukan persiapan untuk memastikan pasokan distribusi listrik aman menjelang perhelatan Pilkada 2024.

Baca juga: Penyelenggara Pilkada di Sultra apel kesiapan bersama KPU RI
Selain menyiagakan personel, PLN juga menyiapkan 164 unit genset, 85 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 37 unit Uninteruptible Power Supply (UPS) guna memastikan keamanan dan keandalan pasokan distribusi listrik di 50 kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Begitu pula di 53 kantor Bawaslu dan 585 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar. "Kami juga telah menyiapkan skenario dan standard operating procedure sebagai back up pasokan listrik," katanya.

Di sisi pasokan pembangkit pada Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Budiono menyatakan pasokan daya saat ini terbilang cukup.

Baca juga: Satbrimob Polda Sulteng tingkatkan kemampuan personel jelang pilkada
"Kami juga mengimbau apabila ada potensi gangguan seperti pohon yang mulai mendekati jaringan, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, apabila membutuhkan dukungan pengamanan pasokan listrik dapat langsung berkoordinasi dengan PLN," ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan Hasbullah mengapresiasi komitmen PLN UID Sulselrabar dalam mendukung pesta demokrasi tersebut.
"Terima kasih atas dukungan PLN yang telah menyiagakan personel di posko siaga dalam menjaga kelancaran pasokan listrik untuk pilkada mendatang mulai dari Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan hingga tempat pemungutan suara," ujarnya.

Baca juga: Bawaslu ajak masyarakat Sultra kawal pilkada serentak 2024
Hasbullah optimistis dengan kesiapan dan komitmen PLN mengawal Pilkada 2024 akan membantu kelancaran penyelenggaraan pilkada di semua tingkatan.