Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden China Han Zheng menyampaikan salam dari Presiden China Xi Jinping kepada Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu malam.

“Terima kasih atas undangan yang mulia. Presiden Xi Jinping sangat menginginkan hubungan (erat) dengan Indonesia. Beliau juga menghargai persahabatan antara beliau dengan Jokowi,” kata Han Zheng sebagaimana disampaikan oleh penerjemah.

Han Zheng juga menyampaikan bahwa dirinya ditugaskan Presiden Xi Jinping untuk hadir di Indonesia sebagai representasi China untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Beliau khusus menugaskan saya sebagai representatif,” kata Han Zheng.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Presiden China Han Zheng ke Indonesia untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

“Terima kasih atas kunjungannya menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. Ini memastikan kemitraan yang kuat antarkedua negara,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Wakil Presiden China Han Zheng di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu malam.

Wapres China Han Zheng tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 19.02 WIB.

Ia disambut langsung Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno di halaman Istana Merdeka.

Saat tiba, Wapres China lalu menandatangani buku tamu disaksikan Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya Presiden mengajak Wapres China untuk berdialog.

Adapun kunjungan Wapres China ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Minggu 20 Oktober 2024.

Baca juga: Presiden terima Wapres China Han Zheng di Istana Merdeka Jakarta