Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan kerja sama dan membuka peluang dan kesempatan magang bagi mahasiswa.

"Magang bagi mahasiswa itu sangat memungkinkan untuk dilakukan karena Unpatti telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan BSI," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa Unpatti telah mengadakan kerja sama yang komprehensif dalam kaitannya dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta penyediaan produk dan jasa layanan perbankan serta kerja sama lainnya.

Baca juga: Unpatti gandeng swasta terapkan Tri Dharma lewat MBKM

"Kami ingin mengembangkan beberapa area bisnis yang dimiliki Universitas Pattimura dan telah mengajukan proposal kepada beberapa pihak swasta untuk dapat membantu perihal pengembangan aset bisnis tersebut," ujarnya.

Untuk mengembangkan hal itu tentunya dibutuhkan pihak yang ahli dalam bidang keuangan seperti BSI. Selain itu, dampak dari kerja sama yang dibangun ini juga dapat meningkatkan kualitas SDM melalui magang dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) lainnya.

Baca juga: Unpatti gencarkan kerja sama instansi mudahkan lulusan dapat pekerjaan

Prof Freddy juga mengatakan bahwa Universitas Pattimura sebagai Badan Layanan Umum (BLU) memiliki konsekuensi harus bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkuat aset bisnis yang dimiliki.

“Kita harus bisa menunjukkan kinerja yang profesional baik dalam bidang akademik, nonakademik maupun penguatan pada unit bisnis serta pendapatan yang lain meliputi UKT dan non UKT yang meliputi kerja sama dengan pemerintah, industri, LSM yang turut membantu kita terkait hal ini," katanya.

Baca juga: Unpatti bekerja sama dengan UKIM implementasikan program MBKM

Konsekuensi lain dari BLU, menurut dia, adalah harus membayar remunerasi baik tunjangan kinerja bagi pegawai tenaga kependidikan maupun kinerja akademik bagi tenaga dosen, sehingga harus ada pendapatan di luar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Uang Kuliah Tunggal UKT.