Jakarta (ANTARA) - Puluhan klub tenis meja dari berbagai wilayah di Indonesia bakal mengadu kemampuan pada ajang BRImo Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 Seri Dua yang berlangsung di GOT Ahmad Yani, Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, pada 25-27 Oktober.

CEO and Founder BRImo IPL 2024 Yon Mardiyono mengatakan, turnamen tersebut digelar tidak dengan format liga yang mengadopsi format liga-liga profesional di Eropa.

"Karena ini format liga dan bukan turnamen terbuka, maka atlet harus belajar mempersiapkan diri sebelum dan saat bertanding sebaik mungkin untuk memperebutkan posisi empat besar yang berhak berlaga di grand final," kata Yon Mardiyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kejuaraan diikuti lebih dari 20 klub yang turun pada kategori putra dan putri seperti pada divisi elite putra terdapat Onic Sport (Jakarta), PTM Sukun (Kudus), Jasa Raharja Putra (Jakarta), PTM Sukun (Kudus), PTM AIF (Jakarta), MHN Sport (Kalimantan Selatan), Arwana Jaya (Tangerang), Stoni (Bekasi), Zakhwan Sport (Bekasi).

Selain itu divisi satu terdapat Gree One (Cimahi), Go Pasundan (Cimahi), SCM TTC (Lampung), Arwana Citra (Tangerang), AAPC Pontianak (Pontianak). Divisi dua terdapat Onic Academy (Jakarta), Pitstop (Palembang), PTM Somplak (Kota Bekasi), PTM Praya (Bekasi) dan Stoni B (Bekasi).

Pada kategori putri divisi elite yang diikuti Onic Sport (Jakarta), PTM Ancol Barat (Jakarta), Jasa Raharja Putra (Jakarta), Stoni (Bekasi), PTM Sukun Putri (Kudus). Divisi satu terdapat PPOP DKI Jakarta, NPCI (Solo), Trimitra (Sidoarjo), Sukun Academy (Kudus), Gree One (Cimahi), AAPC Pontianak (Pontianak), dan PTM Praya (Bekasi).

Baca juga: Hasil akhir tenis meja PON 2024: Jakarta pertahankan juara umum

Ia menjelaskan, seluruh klub dan atlet sudah merasakan atmosfer kejuaraan pada seri pertama sehingga persaingan pada seri kedua akan berjalan lebih ketat lagi. "Jadi ini lah kompetisi tenis meja sesungguhnya," ujarnya.

Mardiyono yang juga mantan atlet tenis meja nasional itu mengatakan, prestasi seorang atlet hanya bisa tercapai lewat kompetisi yang baik dan latihan berkualitas. Oleh sebab itu, ia meminta para atlet menunjukkan performa terbaik demi mengangkat derajat atlet serta membangkitkan tenis meja nasional.

"Saya juga berharap IPL ini bisa jadi role model bagi kompetisi tenis meja di Indonesia," ujarnya.

Mardiyono mengatakan, nantinya, empat klub terbaik pada divisi elite putra dan putri akan didaftarkan untuk bermain di Liga Champions ASEAN,

Hadirnya BRImo IPL 2024 Seri Dua, kata dia, sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-79 TNI yang didukung penuh oleh BRImo maupun atas campur tangan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Muhammad Saleh Mustafa sebagai penanggung jawab.

Ajang tersebut juga didukung Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum KONI Letnan Jendral TNI (Purn) Marciano Norman, serta brand ambassador Desta Mahendra

Sebelumnya, IPL 2024 Seri Satu yang digelar pada 25-28 Juli 2024, klub Jakarta, Onic, sukses menyabet juara di divisi elite putra dan putri. Setelah seri kedua rampung, BRImo IPL 2024 seri ketiga akan digulirkan pada 8-10 November 2024. Selanjutnya, partai grand finial direncanakan akan digelar GBK Basket Hall Jakarta pada 6-8 Desember.

Baca juga: Dito sebut akan bentuk organisasi baru untuk solusi dualisme PTMSI