Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo meluncurkan Indonesian Sport Promotor (Inaspro) untuk mendorong kemajuan industri olahraga yang berlangsung di Senayan Park, Jakarta, Jumat malam.

"Setelah ada Inaspro ini ke depan akan bermanfaat bagaimana nantinya bisa proaktif untuk mendorong majunya industri olahraga" kata Menpora Dito Ariotedjo kepada pewarta.

Menpora mengatakan bahwa Inaspro, yang merupakan sebuah promotor olahraga, hadir di bawah naungan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora yang berfungsi sebagai motor penggerak dan jembatan segala potensi dari atlet, event, serta seluruh ekosistem olahraga bertaraf nasional maupun internasional.

Dengan adanya Inaspro, Dito berharap berbagai produk lokal juga akan merasakan efek domino untuk bisa lebih maju dalam dunia industri olahraga.

"Olahraga adalah kekuatan yang dapat menyatukan bangsa, membentuk karakter, dan menjadi sumber kebanggaan. Targetnya tentu mendorong event skala dunia masuk ke Indonesia ataupun sebaliknya. Efeknya nanti adalah bagaimana produk lokal juga terbantu bisa maju," kata Dito.

Baca juga: Indonesia resmi miliki badan penanganan sengketa keolahragaan tunggal

Menpora mengatakan bahwa melalui Inaspro ini juga diharapkan bisa menciptakan ekosistem olahraga yang profesional dan lebih inovatif. Karena akan memberikan ruang dan peluang untuk berkembang bagi setiap talenta-talenta olahraga dalam dunia industri olahraga.

Menpora berpesan bahwa Inaspro akan senantiasa mengedepankan semangat kolaborasi dengan para pelaku industri olahraga baik dari pihak pemerintah maupun swasta yang ada saat ini.

"Dampaknya itu jelas harus positif bagi para atlet, masyarakat secara luas, dan juga sektor ekonomi kreatif. Inaspro hadir dengan semangat untuk menghubungkan Indonesia dengan dunia olahraga global," ujar Menpora.

"Kita akan melahirkan lebih banyak inisiatif baru yang menginspirasi generasi muda. Bersama kita menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat olahraga terkemuka ditingkat internasional," imbuh Dito.

Peluncuran program Inaspro ini sekaligus menjadi program penutup Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah kepemimpinan Menpora Dito yang akan purna tugas sebagai Menpora Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Baca juga: Menpora: Tak ada alasan laga Bahrain lawan Indonesia digelar di luar

Baca juga: Menpora sebut naturalisasi Kevin Diks diproses pekan depan