Los Angeles (ANTARA) - Pameran Seni Lampion Los Angeles (Los Angeles Lantern Art Expo) 2024 diluncurkan pada Rabu (16/10) malam waktu setempat, menyuguhkan budaya tradisional China dengan lebih dari 60 set pajangan lampion, pertunjukan budaya, dan kuliner khas China.

Sebanyak 66 set lampion dipajang dalam pameran tersebut, menampilkan berbagai tema, termasuk Dinasti Tang Agung, 12 hewan zodiak China (shio), dinosaurus prasejarah, serta hari libur seperti Halloween dan Natal.

"Hari ini, saat kami menyalakan lampion di sini, kami sekali lagi menyoroti potensi luar biasa dan upaya berkelanjutan dari China dan Amerika Serikat (AS) untuk mendorong pertukaran budaya dan pariwisata," kata Konsul Jenderal China di Los Angeles Guo Shaochun pada acara pembukaan festival tersebut.

Menurut Guo, seni lampion merupakan ekspresi yang baik dari budaya tradisional China, membawa makna budaya yang mendalam dan keindahan estetika.

"Setiap lampion melambangkan keterampilan yang sangat indah dari para perajin China dan mencerminkan aspirasi bersama masyarakat China di seluruh dunia untuk masa depan yang cerah dan sejahtera," ujarnya.

Anggota wanita Kongres AS Judy Chu saat memberikan sambutan dalam upacara pembukaan tersebut mengatakan bahwa pameran tersebut sangat penting untuk menyatukan kita dalam merayakan kontribusi para imigran terhadap negara ini sambil menyoroti budaya China yang luar biasa.

Pameran yang diselenggarakan di Santa Anita Park di Los Angeles ini berlangsung dari 18 Oktober hingga 17 November mendatang.